...(LENGKAPI STEMPEL PADA LEMBAR PENGESAHAN DAN TAMBAHKAN WATERMARK, UPLOAD ULANG)...Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Al-Qur’an Hadis Pada Kelas IX di MTs Muhammadiyah 3 Yanggong Ponorogo

Al Fajri, Hanif Musthofa (2024) ...(LENGKAPI STEMPEL PADA LEMBAR PENGESAHAN DAN TAMBAHKAN WATERMARK, UPLOAD ULANG)...Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Al-Qur’an Hadis Pada Kelas IX di MTs Muhammadiyah 3 Yanggong Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Skripsi Ethesis Revisi 1.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Al Fajri, Hanif Musthofa. 2024.Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Al-Qur’an Hadis Pada Kelas IX di MTs Muhammadiyah 3 Yanggong Ponorogo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing : Dr. Andhita Dessy Wulansari, M.Si
Kata kunci : Evaluasi, Al-Qur’an Hadis
Pendidikan adalah proses penting dalam mengubah sikap dan tingkah laku individu atau kelompok dalam mencapai kedewasaan melalui pengalaman, arahan, dan pelatihan. Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan adalah melalui inovasi dalam pembelajaran, termasuk media, materi, dan metode pembelajaran. Studi pendahuluan menunjukkan bahwa penggunaan variasi metode pembelajaran tidak selalu berhasil secara keseluruhan, seperti yang terjadi di kelas IX MTs Muhammadiyah 3 Yanggong Ponorogo pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadis. Oleh karena itu, diperlukan metode evaluasi yang tepat untuk mengetahui evaluasi dalam pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an Hadis kelas IX di MTs Muhammadiyah 3 Yanggong Ponorogo.
Evaluasi pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an Hadis di MTs Muhammadiyah 3 Yanggong Ponorogo digunakan untuk mengetahui efektivitas pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an Hadis pada siswa kelas IX di MTs Muhammadiyah 3 Yanggong Ponorogo. Penelitian ini, menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product) dengan tujuan : (1) Untuk mengetahui hasil evaluasi konteks (2) Untuk mengetahui hasil evaluasi input (3) Untuk mengetahui hasil evaluasi proses (4) Untuk mengetahui hasil evaluasi produk.
Hasil evaluasi penelitiaan ini, menunjukkan bahwa : (1) Evaluasi konteks, RPP yang guru susun sudah sesuai dengan materi pelajaran Al-Qur’an Hadis dan masuk dalam katagori penilian sangat baik (88,8%) sesuai dengan kriteria penilian evaluasi konteks (2) Evaluasi input, menunjukan kesesuaian latar belakang guru pengajar dengan bidang keilmuan yang diajarkan, fasilitas pembelajaran di MTs Muhammadiyah 3 Yanggong masuk dalam kategori sangat baik (90%) sesuai dengan kriteria penilian evaluasi input, (3) Evaluasi proses, proses pelaksanaan pembelajaran Al-Qur'an Hadis belajar masuk dalam kriteria penilaian sangat baik (96,5%), akan tetapi siswa mengalami kesulitan dalam menerima variasi metode pembelajaran yang digunakan (4) Evaluasi produk, menunjukan bahwa nilai ujian siswa secara umum (72,3) tidak memenuhi kriteria minimum (KKM) mata pelajaran Al-Qur’an Hadis (75).
Penelitiaan memberikan rekomendasi temuan masalah terkait kegiatan evaluasi pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an Hadis pada kelas IX di MTs Muhmmadiyah Yanggong 3 Ponorogo dengan model CIPP : (1) Evaluasi konteks, guru harus mencantumkan metode pembelajaran dalam RPP yang digunakan (2) Evaluasi Input, guru harus aktif dalam mengikuti perkembangan pendidikan dengan mengikuti pelatihan pelatihan, workshop dan juga, ikut serta dalam menjaga dan merawat sarana prsaransa pendidikan (3) Evaluasi Proses, guru harus menyesuikan variasi metode pembelajaran dengan materi pelajaran yang diajarkan (4) Evaluasi Produk, guru melakukan perbaikan nilai siswa dibawah KKM, perhatian pada prestasi siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Andhita Dessy Wulansari
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Jun 2024 08:28
Last Modified: 07 Jun 2024 08:28
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28110

Actions (login required)

View Item View Item