Anggraini, Ellys Dwi (2024) Strategi Pembinaan Karakter Disiplin Siswa Oleh Guru PAI Melalui Positive Reinforcement Di SMA Bakti Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
201200065_Ellys Dwi Anggraini_PAI.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Anggraini, Ellys Dwi. 2024. Strategi Pembinaan Karakter Disiplin Siswa Oleh Guru PAI Melalui Positive Reinforcement di SMA Bakti Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Safiruddin Al Baqi, M.A.
Kata Kunci: Karakter Disiplin, Peran Guru PAI, Positive Reinforcement
Kedisiplinan menjadi kunci dalam menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas, perlu strategi yang tepat dalam membentuk karakter disiplin siswa. Karena ada beberapa siswa yang masih datang terlambat ke sekolah, di SMA Bakti Ponorogo guru PAI menerapkan Positive Reinforcement dalam pembinaan karakter disiplin siswa. Dengan menerapkan teori positive Reinforcement tersebut dapat mencegah ketidak disiplinan siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui Disiplin Siswa di SMA Bakti Ponorogo. (2) mengetahui pelaksanaan Positive Reinforcement di SMA Bakti Ponorogo. (3) mengetahui dampak pelaksanaan penerapan Positive Reinforcement dalam pembinaan karakter disiplin siswa Oleh Guru PAI di SMA Bakti Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Metode yang digunakan yaitu metode studi kasus. Penelitian ini dilakukan di SMA Bakti Ponorogo. Subjek penelitian ini yaitu Guru PAI, Waka Kesiswaan dan Siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data analisis menggunakan model Miles, Huberman dan Salda diantaranya kondensasi data (data condensation), penyajian data (data display), dan penarikan simpulan (conclusions drawing).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Disiplin siswa di SMA Bakti dipengaruhi oleh adanya sanksi apabila melanggar peraturan yang berlaku di sekolah. Untuk meningkatkan disiplin ibadah dilakukann dengan cara melaksanakan sholat dzuhur berjamaah. Dan untuk meningkatkan disiplin sikap guru selalu melakukan pengawasan karena siswa terkadang masih memiliki emosi yang masih labil dan jika siswa semakin dipaksa maka siswa akan memberontak. (2) Pelaksanaan Positive Reinforcement dalam strategi pembinaan karakter disiplin siswa di SMA Bakti Ponorogo yang dilakukan guru yaitu memperkenalkan tata tertib sekolah kepada siswa sejak masa pengenalan lingkungan sekolah. Selain itu guru PAI khususnya memberikan dorongan dan motivasi kepada siswa agar selalu melaksanakan tata tertib yang ada di sekolah. Pelaksanaan Positive Reinforcement dengan pemberian reward (hadiah) sangat berpengaruh terhadap siswa, karena dapat memotivasi siswa untuk lebih giat belajar dan berprestasi. (3) Dampak penerapan Positive Reinforcement di SMA Bakti Ponororgo yaitu siswa lebih termotivasi untuk bersikap lebih baik dan lebih percaya diri untuk meningkatkan prestasinya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Safiruddin Al Baqi |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 07 Jun 2024 08:05 |
Last Modified: | 07 Jun 2024 08:05 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28104 |
Actions (login required)
View Item |