Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Kelas X Di SMAN 1 Jetis Ponorogo Tahun Pelajaran 2023/2024

Anggrahini, Desy Kurnia (2024) Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Kelas X Di SMAN 1 Jetis Ponorogo Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201200044_Desy Kurnia Anggrahini_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Anggrahini, Desy Kurnia. 2024. Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi
pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas X
di SMAN 1 Jetis Ponorogo Tahun Pelajaran 2023/2024.Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Fery Diantoro, M.Pd.I.
Kata Kunci : Pelaksanaan, Pembelajaran Diferensiasi, PAI BP Kelas X
Pendekatan berdiferensiasi merupakan pendekatan pembelajaran yang diimplementasikan dalam proses pembelajaran sesuai dengan keberagaman peserta didik dari gaya belajar, karakteristik, kebutuhan dan kemampuan masing�masing peserta didik. Ketika pembelajaran diferensiasi dapat diimplementasikan dengan baik, maka akan memunculkan perhatian terhadap perbedaan individu di antara beberapa peserta didik. Hal ini dapat memicu pendidik untuk merespons
kebutuhan dan karateristik belajar setiap peserta didik secara khusus.
Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan (1) Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas X (2) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi (3) Implikasi Pelaksanaan Pembelajaran
Berdiferensiasi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui tahap observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan terdiri dari Kondesasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil Penelitian tentang Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas X adalah (1) pelaksanaan pembelajaran diferensiasi terdiri 3 tahapan yakni tahap perencanaan,
tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Tahap perencanaan, yang dimulai dari mengenali karakteristik peserta didik, melakukan tes diagnostic, membuat dan mengembangakan modul ajar. Tahap pelaksanaan, a. Diferensiasi konten: materi
BTQ, meraih kesuksesan dalam kebaikan dan etos kerja, menjauhi akhlak mahdzmumah dan melakukan akhlak mahmudah. b. Diferensiasi proses: menggunakan metode tutor sebaya dan diskusi kelompok. c. Diferensiasi produk: meliputi adanya tes diagnostic dan aplikasi pendukung pembelajaran seperti
canva. Tahap evaluasi terdiri dari teknik konseling dan coaching, forum sosialisasi, dan adanya penilaian ulangan harian, ulangan tengah semester dan ulangan akhir semester. (2) Faktor penghambat pelaksanaan pembelajaran
diferensiasi yakni kurang sinerginya pendidikan keluarga dan masyarakat, sebagian siswa bersifat introvert dan sulit berbaur, sedangkan faktor pendukungnya siswa memiliki semangat tinggi dalam proses pembelajaran, penggunaan media sosial dan aplikasi pendukung proses pembelajaran. (3)
Implikasi Pembelajaran berdiferensiasi telah memenuhi kebutuhan peserta didik dari segi gaya belajar, karakteristik, kebutuhan dan kemampuan dari masing-masing peserta didik sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Fery Diantoro
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 Jun 2024 04:04
Last Modified: 06 Jun 2024 04:04
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28098

Actions (login required)

View Item View Item