Yuliani, Marsita Eka (2024) PENGARUH PEMASARAN PENDIDIKAN, SISTEM INFORMASI, DAN KEBIJAKAN MADRASAH TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF SE-KECAMATAN JENANGAN KABUPATEN PONOROGO. Masters thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
502220030_Marsita Eka Yuliani_Manajemen Pendidikan Islam.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Kepuasan pelanggan di Madrasah merupakan aspek krusial dalam mengukur efektivitas layanan pendidikan yang disediakan oleh lembaga tersebut. Dalam konteks ini, kepuasan pelanggan mencerminkan respon positif atau negatif dari orang tua terhadap kualitas pengajaran, fasilitas, dan layanan administratif yang diberikan. Tingkat kepuasan pelanggan di Madrasah tidak hanya mencerminkan keberhasilan lembaga dalam memenuhi harapan orang tua siswa, tetapi juga menjadi indikator kinerja dan potensi perbaikan yang perlu dilakukan. Respon positif dari orang tua dapat menjadi pendorong motivasi bagi staf pengajar dan petugas administrasi untuk terus meningkatkan standar layanan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya: (1) Pengaruh yang signifikan pemasaran pendidikan terhadap kepuasan pelanggan Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif se-Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo. (2) Pengaruh yang signifikan sistem informasi terhadap kepuasan pelanggan Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif se-Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo. (3) Pengaruh yang signifikan kebijakan madrasah terhadap kepuasan pelanggan Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif se-Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo. (4) Pengaruh yang signifikan pemasaran pendidikan, sistem informasi, dan kebijakan madrasah terhadap kepuasan pelanggan Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif se-Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain ex-post facto. Sampel dari penelitian ini adalah orang tua siswa Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif se-Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo sejumlah 302 orang melalui Teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket kepuasan pelanggan. Inferensial statistik digunakan dalam analisis data mengunakan analisis regresi linier dan SmartPLS.
Berdasarkan analisis data ditemukan: (1) adanya pengaruh pemasaran pendidikan (X1) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan (Y) Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif se-Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo sebesar 50,1% sisanya 49,9% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. (2) adanya pengaruh sistem informasi (X2) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan (Y) Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif se-Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo sebesar 61,3% sisanya 38,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. (3) adanya pengaruh kebijakan madrasah (X3) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan (Y) Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif se-Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo sebesar 68,9% sisanya 31,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. (4) adanya pengaruh pemasaran pendidikan (X1), sistem informasi (X2) dan kebijakan madrasah (X3) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan (Y) Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif se-Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo sebesar 68,9% sisanya 31,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan pemasaran pendidikan, sistem informasi, dan kebijakan madrasah mempunyai pengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Ahmadi Wirawan Fadly |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 06 Jun 2024 03:35 |
Last Modified: | 06 Jun 2024 03:35 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28089 |
Actions (login required)
View Item |