Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA N 1 Kawedanan Magetan

Azhar, Afif Shohibatul (2024) Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA N 1 Kawedanan Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201200004_AFIF SHOHIBATUL AZHAR_ETHESIS.pdf

Download (2MB)

Abstract

Azhar, Afif Shohibatul. 2024. “Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA N 1 Kawedanan Magetan”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing : Arif Rahman Hakim M, Pd.
Kata Kunci : Pemanfaatan, TIK, Pembelajaran PAI
Di era digital saat ini, teknologi terus berkembang dengan pesat dan memberikan dampak yang signifikan pada lingkungan pendidikan. Teknologi Informasi dan Komunikasi sangat penting di di era sekarang karena dapat membantu proses belajar dengan mudah. Akan tetapi di SMA N 1 Kawedanan siswa dan guru belum secara sepenuhnya bisa memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi karena adanya dua faktor yaitu siswa dengan faktor ekonominya dan guru dengan faktor usianya. Maka dari itu perlu adanya pemanfatan Teknologi Informasi dan Komunikasi guna mempersiapkan siswa maupun guru menghadapi tantangan zaman di era yang akan datang nanti.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui dan mendeskripsikan pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA N 1 Kawedanan Magetan, dan (2) Mengetahui dan mendeskripsikan hambatan dan tantangan yang dihadapi guru PAI dalam pemanfaatan TIK dalam pembelajaran Agama Islam (3) Mengetahui dan mendeskripsikan dampak TIK terhadap pembelajaran PAI.
Untuk Menjawab pertanyaan diatas, penelitian ini menggunakan rancangan model penelitian kualitatif deskriptif . Pengambilan data dilaksanakan di SMA N 1 Kawedanan Magetan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi yang dilakukan secara berulang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini teknik analisis data Miles, Huberman dan Saldana yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa : (1) Pemanfaatan TIK dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA N 1 Kawedanan menghadirkan model pembelajaran yang modern dan terkini. Guru-guru PAI di sekolah ini secara kreatif menggunakan berbagai aplikasi dan platform digital untuk meningkatkan interaksi dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran agama islam yang mencakup penggunaan presentasi multimedia yang menarik, video pembelajaran interaktif, dan platform daring untuk diskusi dan tugas. (2) Faktor utama yang menjadi hambatan dan tantangan yang dihadapi guru PAI dalam pemanfaatan TIK untuk pembelajaran Agama Islam adalah konten yang tidak sesuai dengan materi dan juga keterbatasan media. (3) Dampak TIK terhadap pembelajaran PAI sangat luas. Secara positif, teknologi dapat mendukung pembelajaran interaktif. Tantangan dari teknologi ini adalah kesenjangan digital yang mengacu pada faktor ekonomi siswa ataupun guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Arif Rahman Hakim
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 Jun 2024 00:47
Last Modified: 10 Jun 2024 01:52
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28076

Actions (login required)

View Item View Item