Maduratna, Santi Nariswari (2024) Pola Interaksi antara Guru Pendidikan Agama Islam dengan Peserta Didik dalam Pembentukan Karakter Disiplin dan Sosial Keagamaan di MTs Terpadu Hudatul Muna Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
PAI_201200182_SANTI NARISWARI MADURATNA.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Maduratna, Santi Nariswari. 2024. Pola Interaksi antara Guru Pendidikan Agama Islam dengan Peserta Didik dalam Pembentukan Karakter Disiplin dan Sosial Keagamaan di MTs Terpadu Hudatul Muna Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Azmi Mustaqim, M.A.
Kata Kunci: Pola Interaksi, Guru Pendidikan Agama Islam, Peserta Didik, Karakter Disiplin, Karakter Sosial Agama.
Pendidikan adalah proses penting yang mengandung kegiatan utama yakni belajar mengajar. Dalam proses belajar mengajar tentunya diperlukan adanya interaksi yang syarat utamanya adalah komunikasi dan kontak sosial. Proses interaksi tentunya memiliki pola tertentu. Pola interaksi yang berjalan menjadi kunci dalam proses belajar mengajar dan pembentukan karakter serta pasti ada di setiap kegiatan sekolah. Akan tetapi, kenyataanya masih bisa ditemukan problematika karakter seperti peserta didik yang kurang memiliki karakter disiplin dan karakter sosial keagamaan, misalnya terlambat, tidak masuk tanpa keterangan, tidak memakai atribut sekolah sesuai dengan aturan, tidak sopan terhadap guru, dan kurang memiliki jiwa sosial seperti membantu sesama peserta didik. Dengan problem tersebut maka perlu di teliti lebih jelas bagaimana pola interaksi antara guru Pendidikan Agama Islam dan peserta didik dalam pembentukan karakter disiplin dan sosial keagamaan pada peserta didik.
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk (1) mendeskripsikan bagaimana interaksi antara guru Pendidikan Agama Islam dengan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan di MTs Terpadu Hudatul Muna, (2) mendeskripsikan bagaimana pola interaksi antara guru Pendidikan Agama Islam dengan peserta didik dalam pembentukan karakter disiplin dan sosial keagamaan di MTs Terpadu Hudatul Muna.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Pengambilan data dilaksanakan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Narasumber dari penelitian ini adalah guru PAI (Akidah Akhlak, Al-Qur’an Hadis, SKI, dan Fiqih), guru BK dan beberapa peserta didik MTs Terpadu Hudatul Muna. Data yang diperoleh akan dianalisis dengan teknik analisis data Miles and Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data (1) interaksi antara guru PAI dan peserta didik menunjukan arah positif, (2) pola interaksi dalam pembentukan karakter disiplin dan sosial keagamaan pada peserta didik di MTs Terpadu Hudatul Muna adalah pola interaksi multi arah dimana terlihat bahwa antara guru dan sesama peserta didik saling berkomunikasi dalam pembentukan karakter disiplin dan sosial keagamaan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Azmi Mustaqim |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 05 Jun 2024 07:19 |
Last Modified: | 05 Jun 2024 07:19 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28066 |
Actions (login required)
View Item |