..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, UPLOAD ULANG)..Pengaruh Self Esteem dan Perhatian Orang Tua terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI di SMAN 1 Mejayan Madiun

Mahfud, Mohammad Irsyad (2024) ..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, UPLOAD ULANG)..Pengaruh Self Esteem dan Perhatian Orang Tua terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI di SMAN 1 Mejayan Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201200339_MOHAMMAD IRSYAD MAHFUD_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf

Download (1MB)

Abstract

Mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) merupakan salah satu mata pelajaran yang memiliki nilai penting dalam membentuk karakter siswa yang berisi nilai-nilai kehidupan, sehingga diperlukan perhatian khusus agar dapat mencapai hasil yang maksimal. Namun kenyataan ditemukan beberapa temuan pada siswa SMAN 1 Mejayan yang kurang masksimal dalam hasil belajar PAI. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor. Salah satunya adalah self esteem dan perhatian orang tua yang terdapat pada proses belajar siswa. Oleh karena itu, diperlukan kajian yang lebih dalam untuk memahami pengaruh self esteem dan perhatian orang tua terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMAN 1 Mejayan. Sebagai upaya untuk merencanakan strategi dan solusi agar tercapainya hasil yang maksimal.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui pengaruh self esteem terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMAN 1 Mejayan. 2) Untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMAN 1 Mejayan. 3) Untuk mengetahui pengaruh self esteem dan perhatian orang tua terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMAN 1 Mejayan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto. Pengumpulan data menggunakan instrumen angket. Sampel pada penelitian ini berjumlah pada 111 responden. Dan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah rumus statistika yaitu regresi linier sederhana dan regresi linier berganda.
Berdasarkan hasil analisis data, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: 1) Self esteem berpengaruh sebesar 34,4% dalam mempengaruhi hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMAN 1 Mejayan. 2) Perhatian orang tua berpengaruh sebesar 25,1% dalam mempengaruhi hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMAN 1 Mejayan. 3) Self esteem dan perhatian orang tua berpengaruh sebesar 40% dalam mempengaruhi hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMAN 1 Mejayan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Basuki
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 05 Jun 2024 02:25
Last Modified: 05 Jun 2024 02:25
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28040

Actions (login required)

View Item View Item