Menumbuhkan Kemampuan Public Speaking Siswa Melalui Kegiatan Muhadharah Di MI An-Najihah Babussalam Kebonsari Madiun

Sofianingrum, Risma Ayu Mey (2024) Menumbuhkan Kemampuan Public Speaking Siswa Melalui Kegiatan Muhadharah Di MI An-Najihah Babussalam Kebonsari Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203200091_Risma Ayu Mey Sofianingrum_PGMI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Sofianingrum, Risma Ayu Mey. 2024. Menumbuhkan Kemampuan Public Speaking Siswa melalui Kegiatan Muhadharah di MI An-Najihah Babussalam Kebonsari Madiun. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing : Dr. H. Moch. Miftachul Choiri, M.A.
Kata Kunci : Muhadharah, Public Speaking.
Kemampuan public speaking siswa saat kegiatan muhadharah yang belum merata, hal ini nampak saat sebagian siswa mengalami demam panggung seperti menundukkan kepala, berbicara tanpa gerakan tubuh, dan menyampaikan materi dengan kurang lancar serta intonasi yang lirih. Hal ini dikarenakan sebagian siswa tersebut masih merasa takut dan kurang percaya diri sehingga penampilan public speaking siswa kurang maksimal karena aspek public speaking kurang terpenuhi.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kegiatan muhadharah dalam menumbuhkan kemampuan public speaking siswa di MI An-Najihah Babussalam Kebonsari Madiun; (2) mendeskripsikan manfaat kegiatan muhadharah terhadap kemampuan public speaking siswa di MI An-Najihah Babussalam Kebonsari Madiun; dan (3) menjelaskan faktor pendukung dan penghambat dalam menumbuhkan kemampuan public speaking siswa melalui kegiatan muhadharah di MI An-Najihah Babussalam Kebonsari Madiun.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Data hasil penelitian di analisis menggunakan model analisis Miles, Huberman, dan Saldana meliputi kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan
Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa (1) Kegiatan muhadharah adalah serangkaian kegiatan untuk melatih public speaking siswa. Kegiatan ini wajib diikuti oleh siswa kelas III sampai VI, setiap jam 07.00-08.00. Kegiatan ini melalui tahap perencanaan yaitu pemilihan jadwal dan petugas, pembuatan materi, tanda tangan dan stempel guru, serta pelatihan. Kegiatan ini diawali pembukaan, qira’ah, hymne oh pondokku, orator dan intisari, hiburan, absensi, dan penutup. Lalu proses evaluasi dan penilaian. (2) Manfaat Kegiatan Muhadharah terhadap kemampuan public speaking siswa adalah menumbuhkan kepercayaan diri, rasa tanggung jawab, keaktifan, keberanian, minat literasi, kreativitas, daya ingat dan prestasi siswa khususnya pidato. Selain itu dapat menumbuhkan kemampuan public speaking siswa dengan baik melalui terpenuhinya aspek public speaking saat kegiatan muhadharah yang meliputi vocal/intonasi,verbal/kata-kata dan visual/bahasa tubuh dengan baik dan tepat; (3) Faktor pendukung nya adalah kecerdasan (intelegensi) siswa yang tinggi, dukungan orang tua guru, dukungan kepala madrasah untuk mewujudkan visi dan misi madrasah yaitu “wadah kaderisasi umat”. Faktor penghambat nya adalah kurang nya intelegensi (IQ) siswa sehingga kesulitan saat muhadharah, perbedaan karakterisitik siswa seperti siswa yang pendiam dan kurang percaya diri sehingga takut dan grogi. Selain itu kurang nya dukungan serta motivasi dari orang tua.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moh. Miftachul Choiri
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 05 Jun 2024 02:16
Last Modified: 05 Jun 2024 02:16
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28027

Actions (login required)

View Item View Item