Peran Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru dan Prestasi Siswa di MAN Pacitan

Saleh, Yusuf Yusian Septianto (2024) Peran Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru dan Prestasi Siswa di MAN Pacitan. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
YUSUF YUSIAN SS_502220046_MPI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena kinerja guru yang masih kurang optimal dalam mengelola dan melaksanakan praktek pembelajaran di madrasah. Kinerja guru bila sudah ditingkatkan dan dikembangkan akan memiliki dampak pada prestasi siswa sehingga memiliki peranan penting dalam proses pembelajaran di madrasah. Selain dari kinerja guru, peran kepala madrasah juga memiliki andil besar dalam meningkatkan prestasi siswa, dimulai dari kebijakan-kebijakan yang direncanakan dan ditetapkan hingga dukungan fasilitas maupun moral kepada siswa sehingga bisa lebih berprestasi. Kepala madrasah merupakan figur penting dan sentral dalam lembaga pendidikan dalam menentukan dan mengembangkan lembaga yang dipimpinnya, sehingga kepala madrasah harus mampu untuk melihat peluang dari sumber daya yang tersedia untuk menghasilkan output yang optimal sesuai dengan visi dan misi madrasah.
Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan dan menganalisis peran kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru; 2) Memaparkan dan menganalisis peran kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan prestasi siswa; 3) Menjelaskan dan menganalisis implikasi peran kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru dan prestasi siswa di MAN Pacitan.
Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan studi kasus dengan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk teknik keabsahan data menggunakan uji kredibilitas dengan peningkatan ketekunan dalam penelitian, triangulasi, dan kecukupan referensial. Sementara dalam teknik analisis data peneliti menggunakan teori dari Miles, Huberman, dan Saldana yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan
Temuan yang didapatkan oleh peneliti terkait peran kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatan kinerja guru, peran kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatan prestasi siswa, serta implikasi peran kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru dan prestasi siswa di MAN Pacitan adalah: 1) Mendukung dan mendorong guru untuk totalitas dalam melakukan pekerjaan sesuai dengan job description yang didasarkan dengan tujuan untuk berkhidmat (mengabdi) dengan seluruh potensi yang ada demi pengembangan mutu madrasah, mengadakan pelatihan guru, workshop pembelajaran, serta bedah buku pendidikan; 2) Menganalisa sumber daya yang tersedia baik dari siswa maupun guru pendamping, merencanakan pembiayaan terkait kegiatan/perlombaan yang akan diikuti, memprioritaskan yang memiliki potensi besar untuk berprestasi termasuk kerja sama dengan mitra di luar madrasah; 3) Pendampingan dan motivasi langsung di lapangan ketika perlombaan, mampu mengembalikan kinerja guru secara psikologis dari pola sebelum pandemi dan setelah pandemi dengan penyesuaian terbaru, sarana prasarana dilakukan perbaikan maupun penggantian guna mendukung proses pembelajaran pasca pandemi.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: 1. Nur Kholis 2. Umar Sidiq
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Jun 2024 07:38
Last Modified: 04 Jun 2024 07:38
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28009

Actions (login required)

View Item View Item