Perbandingan Kepuasan Nasabah Dalam Menggunakan Mobile Banking Bank Muamalat Indonesia Dan Bank Syariah Indonesia Pada Masyarakat kabupaten Ponorogo

Nurcahyani, Wahyu Dwi (2024) Perbandingan Kepuasan Nasabah Dalam Menggunakan Mobile Banking Bank Muamalat Indonesia Dan Bank Syariah Indonesia Pada Masyarakat kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
402200212_Wahyu Dwi Nurcahyani_Perbankan Syariah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Nurcahyani, Wahyu Dwi. Perbandingan Kepuasan Nasabah dalam Menggunakan Mobile banking Bank Muamalat Indonesia dan Bank Syariah Indonesia pada Masyarakat Kabupaten Ponorogo. Skripsi. 2024. Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Tiara Widya Antikasari, M.M.
Kata Kunci: Mobile banking, Kepuasan Nasabah, Perbankan
Mobile banking merupakan saluran distribusi bank yang digunakan untuk mengakses rekening yang dimiliki nasabah dengan teknologi penyampaian data melalui handphone. Kecanggihan mobile banking adalah dapat diakses melalui smartphone secara maksimal. Kepuasan nasabah merupakan kesesuaian antara harapan dengan hasil dari apa yang telah diperoleh. Dalam tingkatan kepuasan adalah fungsi dari yang membedakan antara kinerja dengan sebuah harapan.
Tujuan utama penelitian ini adalah untuk membandingkan kepuasan nasabah dalam menggunakan BMI mobile banking dan nasabah pengguna BSI mobile banking dengan beberapa indikator. Untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kepuasan nasabah pengguna BMI mobile banking dan BSI mobile banking. Dan untuk mengetahui apa saja dampak dari kepuasan nasabah dalam menggunakan BMI mobile banking dan BSI mobile banking. Metode penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dimana peneliti lebih cenderung menggunakan analisis dan landasan teori dimanfaatkan sebagai gambaran umum untuk bahan pembahasan hasil penelitian.
Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa perbandingan kepuasan nasabah BMI mobile banking terletak pada aplikasi mudah digunakan, layanan mudah dijangkau, dan dapat diandalkan. Sedangkan pada BSI mobile banking terletak pada inovasi produk dan aman. Sedangkan faktor yang mempengaruhi terhadap kepuasan nasabah BMI adalah kualitas layanan, kualitas produk, harga dan pribadi. Sedangkan faktor yang mempngaruhi BSI adalah kualitas layanan, kualitas produk, dan harga. Selanjutnya dampak dari kepuasan nasabah BMI mobile banking loyal, mengulang kembali pembelian produk, dan membeli produk lain. Sedangkan nasabah BSI mobile banking loyal dan mengulang kembali pembelian produk.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Tiara Widya Antikasari
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Jun 2024 02:44
Last Modified: 04 Jun 2024 02:44
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28002

Actions (login required)

View Item View Item