Manajemen Program Double Track Dalam Menumbuhkembangkan Keterampilan Entrepreneurship Siswa Di SMAN 1 Wungu

Septian, Andika Nanda (2024) Manajemen Program Double Track Dalam Menumbuhkembangkan Keterampilan Entrepreneurship Siswa Di SMAN 1 Wungu. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI (ANDIKA NANDA SEPTIAN_206200055).pdf

Download (1MB)

Abstract

SMA Double Track merupakan istilah yang diberikan kepada satuan pendidikan pada jenjang SMA yang menyelenggarakan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) reguler dan pembekalan keterampilan secara berdampingan dengan memanfaatkan kearifan lokal. Tujuan program ini ialah untuk mengurangi potensi pengangguran lulusan SMA yang kemungkinan tidak melanjutkan ke perguruan tinggi, sehingga melalui program tersebut mereka diberikan pelatihan agar mempunyai skill dan diharapkan dapat bekerja atau berwirausaha saat lulus.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis: (1) perencanaan program double track dalam menumbuhkembangkan keterampilan entrepreneurship siswa di SMAN 1 Wungu; (2) pelaksanaan program double track dalam menumbuhkembangkan keterampilan entrepreneurship siswa di SMAN 1 Wungu; dan (3) evaluasi program double track dalam menumbuhkembangkan keterampilan entrepreneurship siswa di SMAN 1 Wungu.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode pendekatan deskriptif kualitatif yaitu data yang dikumpulkan berupa kata-kata dan gambar dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti adalah model Miles dan Huberman, Saldana, meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil analisa data ditemukan bahwa (1) Perencanaan program double track di SMAN 1 Wungu meliputi dua tahapan yaitu pengajuan proposal atau mengajukan surat pengajuan peserta double track kepada ITS dan melakukan pemetaan siswa melalui penyebaran angket. Program tersebut ada karena masih banyak lulusan yang tidak melanjutkan ke perguruan tinggi. Program tersebut dilaksanakan di sekolah diluar jam pelajaran reguler yang melibatkan kepala sekolah, tim double track, guru, dan siswa melalui kerja sama dengan DUDI. (2) Pelaksanaan program double track di SMAN 1 Wungu dimulai dengan melakukan pendataan siswa hingga seleksi tes wawancara. Pelaksanaan program ini memaksimalkan pelatihan desain grafis dan pengolahan pastry bakery sekaligus keterampilan entrepreneurship peserta didik melalui kerja sama dengan DUDI. (3) Evaluasi program double track di SMAN 1 Wungu ada dua, yaitu evaluasi formatif berupa rapat koordinasi rutin yang dilaksanakan setiap triwulan dan dihadiri semua tim double track sekolah. Kedua, evaluasi sumatif yang dilakukan ITS melalui ujian/tes tulis diakhir kegiatan. Hasil evaluasi membuktikan program tersebut sudah berjalan cukup baik, meski menuai kendala sekolah mempunyai solusi seperti dimilikinya DT Mart sederhana, bekerjasama dengan DUDI, mengikuti event, memotivasi siswa, dan dari program tersebut memberikan dampak signifikan bagi peningkatan keterampilan entrepreneurship siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Dian Pratiwi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Jun 2024 02:23
Last Modified: 04 Jun 2024 02:23
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27983

Actions (login required)

View Item View Item