Ristiyani, Nur Aida (2024) ..(LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI BLM DITANDA TANGANI, GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG)..STRATEGI PEMASARAN PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN CITRA LEMBAGA DI SMPN 1 SAMBIT. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
e thesis nur aida 206200129.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Ristiyani,Nur Aida.2024 Strategi Pemasaran Pendidikan Guna Meningkatkan
Citra Lembaga Di SMPN 1 Sambit. Skripsi. Jurusan Manajemen
Pendidikan Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama
Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Abdul Kholiq, MBA
Kata Kunci: Strategi, Pemasaran, Citra
Persaingan dalam dunia pendidikan semakin hari semakin ketat, lembaga
pendidikan dituntut untuk lebih kreatif dan bisa memenuhi kebutuhan pengguna
jasa pendidikan. Maka dari itu sebuah lembaga pendidikan perlu meningkatkan
citra lembaganya dimata masyarakat luas. Agar masyarakat luas tau akan kualitas
sekolah, maka perlu menggunakan strategi pemasaran pendidikan yang tepat.
Strategi pemasaran dalam dunia pendidikan berisi tentang bagaimana cara agar
informasi sekolah yang dibutuhkan masyarakat bisa tersampaikan dengan baik.
Dengan tersampainya informasi kepada masyarakat dngan baik dapat
meningkatkan citra sekolah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Model Pemasaran Pendidikan
di SMPN 1 Sambit 2) Implementasi strategi pemasaran pendidikan dalam
meningkatkan citra lembaga di SMPN 1 Sambit 3) Faktor pendukung dan
penghambat Strategi Pemasaran Pendidikan Guna Meningkatkan Citra Lembaga
di SMPN 1 Sambit.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
studi kasus. Informan pada penelitian ini yaitu kepala sekolah, tata usaha (TU),
dan juga waka humas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan
wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sementara analisis data yang digunakan
adalah metode Miles, Huberman dan Saldana yang terdiri dari 4 tahap yakni
pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa: 1) Dalam pemasaran
pendidikan di SMPN 1 Sambit menggunakan 3 model yaitu model pemasaran
eksternal yang tujuannya menyebarkan informasi sekolah kepada masyarakat luas,
model pemasaran internal yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas sekolah
dibidang internal yaitu tenaga pendidik,tenaga kependidikan dan siswa, model
pemasaran interaktif yang melibatkan wali murid untuk memberikan kritik dan
saran guna kemajuan sekolah. 2) Implementasi strategi pemasaran pendidikan di
SMPN 1 Sambit sudah berjalan dengan baik. Dalam implementasinya SMPN 1
Sambit menggunakan 3 strategi yaitu strategi target pasar, strategi posisi
kompetitif, dan strategi campuran. Dimana dalam strategi campuran ini memuat
bauran pemasaran 4 P (produc,price,place dan promotion). 3) Faktor pendukung
pemasaran pendidikan di SMPN 1 sambit dapat mempermudah lembaga dalam
memasarkan sekolah. Sedangkan ada juga faktor penghambat pemasaran
pendidikan di SMPN 1 Sambit.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Abdul Kholiq |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 04 Jun 2024 02:21 |
Last Modified: | 04 Jun 2024 02:21 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27980 |
Actions (login required)
View Item |