Kebijakan Penerapan Sistem Poin Pelanggaran Dalam Menumbuhkan Kedisiplinan Peserta Didik Di MIN 3 Ponorogo

Rahmawati, Dwi (2024) Kebijakan Penerapan Sistem Poin Pelanggaran Dalam Menumbuhkan Kedisiplinan Peserta Didik Di MIN 3 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203200031_SKRIPSI_DWI RAHMAWATI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Rahmawati, Dwi. 2024. Kebijakan Penerapan Sistem Poin Pelanggaran dalam Menumbuhkan Kedisiplinan Peserta Didik di MIN 3 Ponorogo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo Pembimbing: Mukhlison Effendi, M.Ag.

Kata Kunci: sistem poin, pelanggaran, kedisiplinan

Kedisiplinan sangat penting dimiliki oleh siswa dalam mematuhi peraturan sekolah. Dalam menumbuhkan kedisiplinan siswa, sekolah menerapkan kebijakan sistem poin pelanggaran untuk mencegah perbuatan yang tidak diinginkan yang dilakukan oleh siswa. Sistem poin pelanggaran merupakan salah satu kebijakan yang diambil sekolah untuk mengurangi tingkat pelanggaran yang dilakukan oleh siswa. Penerapan sistem poin mampu mengontrol perilaku siswa dalam menumbuhkan kedisiplinan di sekolah.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kebijakan penerapan sistem poin pelanggaran dalam menumbuhkan kedisiplinan peserta didik MIN 3 Ponorogo, (2) mendeskripsikan hasil penerapan sistem poin pelanggaran dalam menumbuhkan kedisiplinan peserta didik MIN 3 Ponorogo, dan (3) mendeskripsikan dan menganalisis faktor pendukung dan penghambat penerapan sistem poin pelanggaran dalam menumbuhkan kedisiplinan peserta didik MIN 3 Ponorogo.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis pada penelitian ini berdasarkan model Miles dan Huberman yaitu dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah (1) pihak sekolah mendukung penerapan sistem poin pelanggaran dengan memberikan contoh yang baik, melakukan kegiatan yang positif seperti pembiasaan membaca dan menghafal surat-surat pendek, do’a-do’a, asmaul husna, dan sholat berjamaah (2) peraturan sistem poin pelanggaran sangat efektif mendisiplinkan siswa serta mencegah perbuatan yang tidak diinginkan dengan memberikan hukuman/konsekuensi dan penghargaan untuk mengontrol perilaku siswa, supaya mereka menyadari bahwa tindakan positif yang mereka lakukan akan dihargai, sedangkan pelanggaran yang mereka lakukan akan mendapatkan suatu konsekuensi. (3) dukungan dari seluruh warga sekolah dan orang tua sangat mempengaruhi keberhasilan penerapan sistem poin pelanggaran ini dalam mendisiplinkan siswa terutama kepada bapak ibu guru untuk mengatasi hambatan yang terjadi dengan konsisten membimbing dan mengingatkan seluruh siswa untuk senantiasa mematuhi peraturan yang ada di sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mukhlison Effendi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 31 May 2024 07:47
Last Modified: 31 May 2024 07:47
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27940

Actions (login required)

View Item View Item