Pangestu, Ria Tri (2024) PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA MELALUI PROGAM PEMBIASAAN TADARUS PAGI DI SMPN 3 SAMBIT PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
201200377 Ria Tri Pangestu PAI.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Pangestu, Ria Tri. 2024, Projek Pengiatan Profil Pelajar Pancasila melalui Kegiatan Pembiasaan Tadarus Pagi di SMPN 3 Sambit Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Restu Yulia Hidayatul Umah, M.Pd.
Kata Kunci : Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Pembiasaan, Tadarus Pagi.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kurikulum baru yaitu Kurikulum Merdeka yang memberikan beberapa tuntutan yang harus dilakukan diantaranya adalah Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). P5 merupakan suatu bentuk perwujudan bagi peserta didik untuk memiliki kompetensi dan perilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Salah satu kompetensi wajib dari P5 adalah beriman, bertakwa dan berakhlak mulia. Penerapan kompetensi wajib pada P5 di sekolah di SMPN 3 Sambit dilakukan dengan cara penerapan progam pembiasaan. Salah satu bentuk progam pembiasaan yang dapat diterapkan sesuai dengan dimensi P5 yang pertama adalah pelaksanaan pembiasaan tadarus pagi.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) P5 melalui progam pembiasaan tadarus pagi di SMPN 3 Sambit; (2) Faktor pendukung penerapan P5 melalui progam pembiasaan tadarus pagi di SMPN 3 Sambit; dan 3) Dampak penerapan P5 melalui progam pembiasaan tadarus pagi di SMPN 3 Sambit.
Adapun penelitian ini dirancang menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus. Prosedur pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Partisipan penelitian berasal dari Kepala Sekolah, Guru PAI, Guru kelas kompetensi dan Peserta didik SMPN 3 Sambit. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, data display dan kesimpulan.
Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Penerapan P5 terhadap pembiasaan tadarus pagi dimulai dengan mengadakan pemetaan terhadap progam mulai dari pembahasan alokasi waktuyang ditetapkan lebih lama dari sebelumnya, pengelompokan peserta didik dan guru yang disesuaikan dengan kompetensi, serta penetapan tujuan yang diambil dari prinsip sekolah yaitu 70 difokuskan pada perbaikan sikap. Pelaksanaan progam dilakukan dengan durasi 2 jam pembelajaran dengan metode yang disesuaikan dengan ketrampilan guru. Untuk evaluasi tidak hanya dilakukan terhadap peserta didik namun juga guru yang dilakukan setiap 6 bulan sekali untuk peserta didik dan 3 bulan sekali untuk pendidik (2) Faktor pendukung yang paling dominan dalam penerapan P5 ialah adanya kegiatan penunjang yan sengaja dibuat sebagai progam lanjutan dari tadarus pagi dengan diadakannya kelas Madin yang didalamnya terdapat pembelajaran mengenai Al-Quran (3) Dampak yang ditimbulkan seperti peserta didik mampu membiasakan dengan kegiatan keagamaan seperti tadarus Al-Quran sehingga menciptakan sika gemar membaca Al-Quran, peserta didik juga mempunyai sikap tidak mudah menyerah dalam memperbaiki dii hal ini dibukikan dengan antusias peserta diidk dalam mencapai target saat progam pembiasaan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Restu Yulia Hidayatul Umah |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 31 May 2024 03:16 |
Last Modified: | 31 May 2024 03:17 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27933 |
Actions (login required)
View Item |