Analisis Kelayakan Nasabah Mikro Express Dalam Mengurangi Risiko Pembiayaan Bermasalah Pada BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo

Nurrohim, Fajar (2024) Analisis Kelayakan Nasabah Mikro Express Dalam Mengurangi Risiko Pembiayaan Bermasalah Pada BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
Fajar Nurrohim_402190209_Perbankan Syariah.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Nurrohim, Fajar. Analisis Kelayakan Nasabah Mikro Express Dalam Mengurangi Risiko Pembiayaan Bermasalah Pada BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo. Skripsi. 2024. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Hanik Fitriani, M.E.Sy.
Kata Kunci: Analisis Kelayakan, Risiko Pembiayaan, Pembiayaan Bermasalah
Pembiayaan Mikro Express adalah pembiayaan yang diperuntukkan khusus untuk nasabah pasar Bank Mitra Syariah yang simpanannya sudah berjalan selama tiga bulan dengan syarat setelah mendapat persetujuan dari komite pembiayaan yang berprofesi sebagai pedagang di pasar kelolaan Bank Mitra Syariah. Sebelum memberikan pembiayaan Mikro Express BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo melakukan analisis kepada calon nasabah. Analisis pembiayaan dilakukan untuk meminimalisir terjadinya pembiayaan bermasalah. Namun, faktanya ditemukan data bahwa setiap tahunnya pembiayaan bermasalah terus bertambah.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui analisis yang diterapkan BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo dalam memberikan pembiayaan Mikro Express kepada calon nasabah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data dalam penelitian ini didapatkan melalui observasi, wawancara dan studi pustaka. Dari data yang didapatkan digunakan oleh penulis sebagai bahan analisis yang disesuaikan dengan alurnya. Setelah dilakukan analisis kemudian di tarik kesimpulan dan memberikan saran.
Hasil dari penelitian ini adalah (1) prosedur pembiayaan Mikro Express pada BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo melalui beberapa tahap yaitu tahap pengajuan pembiayaan, tahap analisis kelayakan pembiayaan, tahap pemberian putusan pembiayaan, dan tahap pencairan pembiayaan. (2) Analisis kelayakan pembiayaan Mikro Express BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo dalam mengurangi pembiayaan bermasalah dengan menggunakan aplikasi Mscoring yang di dalamnya terdapat penilaian 4C yaitu, character, capacity, capital, dan condition of economy. (3) Strategi BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo dalam menangani pembiayaan Mikro Express bermasalah yaitu dengan mendatangi nasabah, pengurangan jumlah angsuran, dan jika cara tersebut tidak berhasil maka akan diserahkan kepada petugas kolektor.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Hanik Fitriani
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 31 May 2024 01:08
Last Modified: 31 May 2024 01:08
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27929

Actions (login required)

View Item View Item