Keterampilan Berbicara Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Ditinjau Dari Keaktifan Belajar Bahasa Indonesia Siswa Di Kelas IV MI As-Salam Sidorejo Ngawi

Ningrum, Widya (2024) Keterampilan Berbicara Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Ditinjau Dari Keaktifan Belajar Bahasa Indonesia Siswa Di Kelas IV MI As-Salam Sidorejo Ngawi. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
WIDYA NINGRUM_203200255_PGMI_SKRIPSI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Ningrum, Widya. 2024, Keterampilan Berbicara Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Ditinjau dari Keaktifan Belajar Bahasa Indonesia Siswa di Kelas IV MI As-Salam Sidorejo Ngawi. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing Farida Yufarlina Rosita, M. Pd.

Kata Kunci: Keterampilan Berbicara, Keaktifan Belajar, Bahasa Indonesia.
Berbicara termasuk aktivitas kehidupan sehari-hari yang sangat penting bagi seorang siswa, sebab dengan berbicara siswa dapat melakukan komunikasi dan mengekspresikan perasaan saat proses pembelajaran berlangsung. Keterampilan berbicara dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia mengarahkan siswa untuk meningkatkan kemampuan berbahasa secara lisan dengan baik dan benar. Akan tetapi kenyataannya, siswa mengalami kesulitan pada proses pembelajaran yang berpengaruh terhadap keaktifan belajar. Salah satunya, keterampilan berbicara siswa saat belajar di kelas yang berjumlah 19 siswa, hanya 3 siswa yang aktif dalam proses pembelajaran dan aktif menyampaikan argumentasinya.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan keterampilan berbicara siswa dalam berargumentasi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia ditinjau dari keaktifan belajar tingkat tinggi di kelas IV MI As-Salam Sidorejo Ngawi, (2) Mendeskripsikan keterampilan berbicara siswa dalam berargumentasi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia ditinjau dari keaktifan belajar tingkat sedang di kelas IV MI As-Salam Sidorejo Ngawi, (3) Mendeskripsikan keterampilan berbicara siswa dalam berargumentasi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia ditinjau dari keaktifan belajar tingkat rendah di kelas IV MI As-Salam Sidorejo Ngawi, dan (4) Upaya peningkatan keterampilan berbicara siswa melalui keaktifan belajar bahasa indonesia pada mata pelajaran bahasa indonesia di kelas IV MI As-Salam Sidorejo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisisnya, peneliti menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data/ penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini yaitu: (1) Keterampilan berbicara siswa dalam berargumentasi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia ditinjau dari keaktifan belajar tingkat tinggi di kelas IV MI As-Salam Sidorejo Ngawi yakni terdapat 3 siswa dengan keaktifan belajar tingkat tinggi dan memiliki keterampilan berbicara tinggi pula. (2) Keterampilan berbicara siswa dalam berargumentasi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia ditinjau dari keaktifan belajar tingkat sedang di kelas IV MI As-Salam Sidorejo Ngawi yakni terdapat 15 siswa dengan keaktifan belajar tingkat sedang dan memiliki keterampilan berbicara berbeda-beda. Keterampilan berbicara yang berbeda tersebut diantaranya 4 siswa memiliki keterampilan berbicara tinggi, 9 siswa memiliki keterampilan berbicara sedang dan 2 siswa memiliki keterampilan berbicara rendah. (3) Keterampilan berbicara siswa dalam berargumentasi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia ditinjau dari keaktifan belajar tingkat rendah di kelas IV MI As-Salam Sidorejo Ngawi yakni terdapat 1 siswa dengan keaktifan belajar rendah dan memiliki keterampilan berbicara rendah pula. (4) Upaya peningkatan keterampilan berbicara siswa melalui keaktifan belajar Bahasa Indonesia di kelas IV dengan menggunakan teknik kuis setiap akhir pembelajaran dan mengikutsertakan siswa dengan keterampilan berbicara baik pada perlombaan berbicara seperti berpidato, lomba puisi, lomba bercerita, dll.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Farida Yufarlina Rosita
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 31 May 2024 01:04
Last Modified: 31 May 2024 01:04
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27928

Actions (login required)

View Item View Item