Manajemen Program Bī’ah Lughawiyyah untuk Meningkatkan Penguasaan Bahasa Asing Santri di Pondok Pesantren “Wali Songo” Ngabar Putri Ponorogo

Khoiriyah, Lu'lu' (2024) Manajemen Program Bī’ah Lughawiyyah untuk Meningkatkan Penguasaan Bahasa Asing Santri di Pondok Pesantren “Wali Songo” Ngabar Putri Ponorogo. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
LU'LU' KHOIRIYAH_502220025_MPI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan penguasaan bahasa asing di Pondok Pesantren “Wali Songo” Ngabar Putri Ponorogo. Masalah tersebut diantaranya beberapa santri yang belum bisa berbahasa asing, penyampaian materi pembelajaran yang menggunakan bahasa Arab dan Inggris, serta adanya animo santri untuk melanjutkan pendidikannya ke luar negeri. Oleh karena itu diperlukan pengelolaan lembaga terhadap program Bī’ah Lughawiyyah agar dapat membantu untuk meningkatkan kemampuan bahasa santri.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program Bī’ah Lughawiyyah, faktor pendukung dan penghambat, dan implikasi program Bī’ah Lughawiyyah untuk meningkatkan penguasaan bahasa asing santri di Pondok Pesantren “Wali Songo” Ngabar Putri Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teori Miles, Huberman, dan Saldana yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian kesimpulan, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Teknik pengecekan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi sumber dan metode.
Temuan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: 1) Perencanaan dilakukan dengan rapat kerja yang dilaksanakan satu tahun sekali melalui tiga tahap yakni sidang komisi pertama, sidang komisi kedua, dan sidang pleno. Pelaksanaan diawali dengan pembentukan pengurus bahasa yaitu Ngabar Language Center, Central Language Improvement, Language Improvement Staff, dan Hostel Language Improvement. Pelaksanaan program dengan penggunaan bahasa asing untuk berkomunikasi, Kegiatan Ilqā’ul Mufradāt, Muhādatsah, Language Camp, Tashji’ul Lughah, dan Language Festival. Kemudian evaluasi dilaksanakan pada pengurus dan santri. Evaluasi pada pengurus dilaksanakan rapat mingguan dan bulanan, sedangkan evaluasi santri dengan teknik tes berupa ujian tulis mufradāt yang telah diajarkan dan teknik non-tes berupa pengawasan langsung pengurus bahasa pada penggunaan bahasa santri; 2) Faktor pendukung berasal dari faktor eksternal pembelajar, sedangkan faktor penghambat berasal dari bahasa pembelajar, faktor eksternal pembelajar, dan faktor internal pembelajar; 3) Implikasi program Bī’ah Lughawiyyah pada empat keterampilan berbahasa santri yaitu keterampilan menyimak, keterampilan berbicara, keterampilan membaca, dan keterampilan menulis.

Kata Kunci: manajemen, manajemen program, Bī’ah Lughawiyyah, penguasaan bahasa asing.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Muh. Tasrif M. Syafiq Humaisi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 31 May 2024 01:03
Last Modified: 31 May 2024 01:03
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27926

Actions (login required)

View Item View Item