ADAPTASI PEMBELAJARAN INKLUSIF ANAK SLOW LEARNER DI MI KANZUL HUDA DESA GUNDIK SLAHUNG PONOROGO

Alfiansyah, Sandy Fajar (2024) ADAPTASI PEMBELAJARAN INKLUSIF ANAK SLOW LEARNER DI MI KANZUL HUDA DESA GUNDIK SLAHUNG PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
203190096_Sandy Fajar Alfiansyah_PGMI.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Alfiansyah, Sandy Fajar, 2024. Adaptasi pembelajaran Inklusif Dengan Anak Slow Learner Di MI Kanzul Huda Desa Gundik Slahung Ponorogo. Skripsi Jurusan Pendidkan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing , Prof. Dr. Hj. Evi Muafiah, M.Ag.

Kata Kunci : Adaptasi Pembelajaran, Inklusif, Slow Learner.

Indonesia telah menerapkan pendidikan inklusif diberbagai tingkatan lembaga pendidikan. Namun kenyataan di lapangan penerapan pendidikan inklusif masih mengalami berbagai permasalahan diantaranya yaitu, keterbatasan sumber daya, kurangnya pelatihan dan kesadaran, stigma dan diskriminasi, dll. Jadi MI Kanzul Huda desa Gundik, Slahung, Ponorogo memiliki upaya untuk menerapkan pendidikan inklusif secara efektif, yaitu proses adaptasi pembelajaran inklusif siswa Slow Learner maka guru menyeiapkan strategi dan metode pembelajaran agar proses adaptasi yang dilakukan dapat tercapai dan mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan.
Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) mendeskripsikan adaptasi proses pembelajaran Inklusif yang dilakukan guru dengan anak slow learner di MI Kanzul Huda, 2) mendeskripsikan cara penanganan anak slow learner di MI Kanzul Huda.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus, dengan tujuan untuk menjelaskan secara mendalam dan terperinci terkait kejadian yang diteliti. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik penulisan data dilakukan dengan bebarapa tahapan yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (display data), dan penarikan kesimpulan ( Verivication ).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa adaptasi pembelajaran anak Slow Learner guru sebelum memulai pembelajaran menyiapkan strategi dan metode pembelajaran yang tepat. Strategi yang digunakan guru dengan menempatkan siswa Slow Learner di tempat duduk barisan paling depan. Metode yang digunakan guru yaitu metode pembelajaran dengan ceramah, diskusi, dan bermain dan didukung dengan menggunakan pendekatan individual. Hambatan yang dialami guru yaitu kuranggnya memhami individul siswa Slow Learner, penilaian, dan kurangnnya dorongan dari orang tua. Penanganan yang dilakukan untuk meningkatkan pemahaman siswa slow learner memberikan jam tambahan belajar, komunikasi dengan wali murid, dan meningkatkan komtetensi guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Prof. Dr. Evi Muafiah, M.Ag
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 30 May 2024 02:12
Last Modified: 30 May 2024 02:12
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27891

Actions (login required)

View Item View Item