Mustofa, Nurul (2024) Komparasi Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran TGT (Team Games Tournament) dengan Model Pembelajaran Ceramah pada Siswa Kelas IV di SDN 1 Jenangan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
203200219_NURUL MUSTOFA_PGMI.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Mustofa, Nurul. 2024. Komparasi Hasil Belajar Matematika Berdasarkan Penggunaan Model Pembelajaran TGT (Team Games Tournament) pada Siswa Kelas IV di SDN 1 Jenangan. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Kurnia Hidayati, M.Pd.
Kata kunci: Hasil belajar matematika, TGT, konvensional
Hasil data dari survey Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS) pada tahun 2015 menyebutkan, persentase kemampuan matematis yang dimiliki siswa meliputi pengetahuan (knowing), penerapan (applying), dan penalaran (reasoning) adalah 31%, 23%, dan 17%. Data tersebut dibandingkan dengan rata-rata kelulusan skala internasional terlihat sangat jauh karena persentase internasional berkisar 49%, 39%, dan 30%. Itu menunjukkan bahwa siswa Indonesia masih tergolong lemah dalam semua aspek konten maupun kognitif matematis, yang dimana hal tersebut juga mencerminkan hasil belajar matematika yang kurang baik bahkan bisa dikatakan masih buruk. Oleh karena itu, pihak guru memerlukan usaha untuk meningkatkan kualitas pembelajaran peserta didik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) hasil belajar matematika sebelum menggunakan model pembelajaran TGT pada siswa kelas IV di SDN 1 Jenangan. 2) hasil belajar matematika sesudah menggunakan model pembelajaran TGT pada siswa kelas IV di SDN 1 Jenangan. 3) ada atau tidaknya perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika antara sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran TGT pada siswa kelas IV di SDN 1 Jenangan.
Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif yang berfokus pada komparasi penggunaan model pembelajaran TGT dengan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar matematika kelas IV SDN 1 Jenangan. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 1 Jenangan. Data penelitian diolah dan dilakukan dengan uji hipotesis berupa uji sample paired t test.
Hasil dari penelitian ini yaitu 1) pada pelajaran matematika materi bangun datar segiempat ketika sebelum digunakan model pembelajaran TGT, rata-rata hasil belajar dari siswa adalah 57,5 dengan klasifikasi 4 anak yang memiliki nilai tinggi, 13 anak yang memiliki nilai sedang, dan 5 anak yang memiliki nilai rendah. 2) ketika setelah dilakukan model pembelajaran TGT (Team Games Tournament) di mata pelajaran matematika dengan materi yang hampir serupa yakni bangun datar segitiga pada kelas IV SDN 1 Jenangan, rata-rata hasil belajar siswa adalah 77,72 dengan klasifikasi 3 anak yang memiliki nilai tinggi, 15 anak yang memiliki nilai sedang, dan 4 anak yang memiliki nilai rendah. 3) terdapat perbedaan hasil belajar matematika yang signifikan antara sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran TGT pada siswa kelas IV di SDN 1 Jenangan, dimana t hitung > t tabel dengan signifikansi 5%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Kurnia Hidayati |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 29 May 2024 01:29 |
Last Modified: | 29 May 2024 01:29 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27871 |
Actions (login required)
View Item |