Pemanfaatan TikTok sebagai Media Komunikasi Pemasaran pada akun @SECALA/HIJAB

Fatimatuz Zahro, Fafa (2024) Pemanfaatan TikTok sebagai Media Komunikasi Pemasaran pada akun @SECALA/HIJAB. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
Fatimatuz Zahro KPI Broadcasting B 2024 Skripsi .pdf

Download (1MB)

Abstract

Zahro, Fatimatuz, Salah satu jenis media baru adalah media sosial. Media sosial sendiri lahir karena adanya internet yang juga hasil dari perkembangan teknologi di bidang telekomunikasi dan informasi. Dari media sosial masyarakat dapat mengakses segala hal yang terjadi di dunia. Menurut data Apptopia dalam Kompas.com disebutkan bahwa media sosial yang paling banyak diunduh pada tahun 2021 adalah TikTok. TikTok yang di awal hanya media hiburan sekarang merambat ke dunia pemasaran.TikTok merupakan platfrom video pendek yang memungkinkan pengguna berimajinasi dan mengekspersikan ide secara bebas dalam bentuk video pendek. Pada 17 April 2021, secara resmi aplikasi TikTok di Indonesia menghadirkan fitur baru yang dinamakan dengan TikTok Shop. Fitur ini adalah sebuah social commerce inovatif yang dapat menjangkau para penjual, pembeli, dan kreator untuk menyediakan pengalaman berbelanja yang lancar, menyenangkan, dan nyaman. Dengan fitur tersebut, Konsumen tidak akan kesulitan lagi dalam hal mengakses produk dan membelinya dengan proses berbelanja di aplikasi TikTok. Kecanggihan yang sudah ada pada fitur fitur TikTok membuat penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul “Pemanfaatan TikTok Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Pada Akun @SECALA.HIJAB”. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan pemanfaatan TikTok pada penjualan yang dilakukan oleh akun @SECALA.HIJAB. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Sedangkan jenis penelitiannya menggunakan kualitatif deskriptif. Kesimpulan dari hasil penelitian ini yaitu Motif akun @SECALA.HIJAB menggunakan TikTok sebagai media pemasaran mereka yaitu dapat dengan gampang memberikan informasi atau melakukan branding pada akun jualan mereka kepada para pelanggan atau khalayak, bisa melakukan interaksi secara langsung dimanapun dan kapanpun dengan pelanggan, para pembeli dengan mudah mencari dan membeli produk mereka, dan menjadi kepuasan bagi owner Secala Hijab karena jangkauan target pasar mereka semakin luas. Kelemahan dan keunggulan dalam penggunaan TikTok sebagai media komunikasi pemasaran akun @SECALA.HIJAB memiliki hasil yang sama. Dengan menggunakan TikTok sebagai model komunikasi pemasaran secala hijab, akun secala hijab sekarang sudah menjadi besar, dan hal itu berpengaruh dalam meningkatnya omset penjualan secala hijab. Disisi lain, dengan adanya perubahan zaman dan trend membuat secala harus memahami algoritma TikTok yang tidak pasti supaya penjualan mereka melalui TikTok tetap berjalan dengan lancar

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muchlis Daroini
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 29 May 2024 01:35
Last Modified: 29 May 2024 01:35
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27867

Actions (login required)

View Item View Item