Pengaruh Gaya Hidup, Sosial Influence, Dan Motivasi Belanja Terhadap Perilaku Konsumtif Pengguna Shopeepaylater Di Kabupaten Ngawi

Azizah, Syayyidati Nur (2024) Pengaruh Gaya Hidup, Sosial Influence, Dan Motivasi Belanja Terhadap Perilaku Konsumtif Pengguna Shopeepaylater Di Kabupaten Ngawi. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
401190320_SYAYYIDATI NUR AZIZAH_SKRIPSI PERPUS.pdf

Download (2MB)

Abstract

Azizah, Syayyidati Nur. Pengaruh Gaya Hidup, Social Influence, dan Motivasi
Belanja Terhadap Perilaku Konsumtif Pengguna Shopeepaylater di Kabupaten
Ngawi. Skirpsi. 2024. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Candra Febrilyantri,
M.Ak.
Kata Kunci: Perilaku Konsumtif, Gaya Hidup, Social Influence, Motivasi Belanja
Pada era modern saat ini masyarakat dituntut untuk beradaptasi dengan
teknologi yang semakin hari semakin berkembang. Kemajuan teknologi dan
komunikasi memberikan kemudahan serta manfaat bagi pengguna yang tidak
terlepas dari adanya kekurangan maupun kelebihan, era ini sering disebut dengan
era digital yang menjadi latar belakang terwujudnya sistem pembayaran online.
Sistem pembayaran yang sedang berkembang di indonesia yaitu financial
technology (fintech)Salah satu yang menarik dari inovasi fintech yang baru-baru
ini muncul, sedang banyak diperbincangkan adalah penerapan sistem bayar nanti
atau paylater. Perusahaan aplikasi yang menyediakan fitur paylater salah satunya
adalah shopee yang merupakan marketplace atau tempat jual beli online yang
banyak diminati dan dapat diakses dengan mudah melalui gadget pribadi.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis secara parsial
maupun simultan gaya hidup, social influence, dan motivasi belanja terhadap
perilaku konsumtif pengguna shopeepaylater di Kabupaten Ngawi. Penelitian ini
menggunakan metode kuantitatif. Menggunakan pengambilan sampel dengan
metode simple random sampling sejumlah 100 responden. Teknik pengumpulan
data menggunakan kuesioner. Variabel independen yang digunakan meliputi gaya
hidup. Social influence, dan motivasi belanja. Sedangkan variabel dependen
meliputi perilaku konsumtif pengguna shopeepaylater. Data diuji statistik
menggunakan aplikasi SPSS Statistic.
Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji validitas dan reliabilitas
instrumen, uji asumsi klasik, serta uji hipotesis yang terdiri dari uji regresi linier
berganda, uji R square, uji F, dan uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1).
Gaya hidup berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif pengguna
shopeepaylater di Kabupaten Ngawi. 2). Social influence berpengaruh signifikan
tehadap perilaku konsumtif pengguna shopeepaylater di Kabupaten Ngawi. 3).
Motivasi belanja berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif pengguna
shopeepaylater di Kabupaten Ngawi. 4). Gaya hidup, social influence, dan
motivasi belanja berpengaruh signifikan secara simultan terhadap perilaku
konsumtif penguna shopeepaylater di Kabupaten Ngawi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Candra Febrilyantri
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 28 May 2024 08:39
Last Modified: 28 May 2024 08:39
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27854

Actions (login required)

View Item View Item