Implentasi Manajemen Peserta Didik dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Di SMKN 1 Ponorogo

Ihrom, M Zainul (2024) Implentasi Manajemen Peserta Didik dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Di SMKN 1 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
M Zainul Ihom IMPLEMENTASI MANAJEMEN KESISWAAN DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA DI SMKN 1 PONOOGO Skripsi 2024.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci: Manajemen Peseta Didik dan Meningkatkan Kedisiplinan

Kedisiplinan memiliki kedudukan yang sangat penting bagi seorang siswa untuk meraih sebuah kesuksesan dimasa depan. kedisiplinan menjadi kunci utama dalam menuju kesuksesan seseorang terutama begi seorang peserta didik, kedisiplinan sendiri adalah suatu aturan pendidikan yang merujuk pada jenis keterlibatan aturan dalam mencapai standart yang cepat atau mengikuti peraturan yang tepat dalam berperilaku dan melakukan aktivitas. kedisiplinan yang ada disekolah tercipta dengan adanya peran seorang manajemen peserta didik didalamnya yang membuat sebuah peraturan yang harus ditaati bagi yang ada didalamnya ,karena manajemen peserta didik memiliki arti sebagai seluruh proses kegiatan yang direncanakan dan diusahakan secara sengaja serta pembinaan secara kontinue terhadap seluruh siswa dalam lembaga pendidikan yang bersangkutan agar dapat mengikuti PBM dengan efektif dan efisien.
Penelitian ini bertujuan;(1)untuk menjelaskan perencanaan manajemen peserta didik di SMKN 1 Ponorogo;(2)untuk memapakan pelaksanaan manajemen peserta didik di SMKN 1 Ponorogo; (3) untuk mendeskripsikan dan menganalisis terkait dukungan dan hambatan manajemen peserta didik dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di SMKN 1 Ponorogo.
Adapun penelitian ini dirancang menggunakan metode kualitatif dengan berjenis studi kasus, metode kualitatif menjelaskan terkait fenomena-fenomena yang terjadi dilapangan dengan menekankan mencari makna pengertian, konsep, karakteristik,gejala,simbol, maupun deskripsi, tentang sebuah fenomena, fokus multi mode, bersifat alami,dan holistic,serta mengutamakan kualitas, dengan menggunakan beberapa cara yang disajikan secara naratif.
Adapun hasil dari penelitian ini meliputi:(a) perencanaan manajemen peserta didik dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di SMKN 1 Ponorogo dimulai dari penerimaan peserta didik baru dengan sesuai juknis yang ada, (b) pelaksanaan manajemen peserta didik dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di SMKN 1 Ponorogo sudah dimulai ketika masuk pertama kali kesekolah atau masa MPLS dengan menghadirkan pelopor pemuda sebagau pembekalan seorang siswa baru tentang kedisiplinan yang harus dijalankan, selain itu pelaksanaan kedisiplinan siswa dilakukan setiap hari dengan membentuk tim PKS yang berguna mengamankan jalan pada saat menyabrang jalan dan pembentukan tim tata tertib guna menertibkan pakaian para siswa pada saat masuk kesekolah dengan dijaga didepan gerbang serta menertibkan apabila ada yang terlambat datang kesekolah para siswa ataupun para guru.(c) dukungan dan hambatan manajemen peserta didik dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di SMKN 1 Ponorogo, semua guru dan juga orang tua mendukung terkait kedisiplinan siswa, serta hambatan yang ditemui masih ada siswa yang terlambat serta karakter seorang siswa yang beragam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Athok Fu'adi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 28 May 2024 03:10
Last Modified: 28 May 2024 03:10
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27842

Actions (login required)

View Item View Item