Implementasi Kebijakan Sistem Zonasi dalam Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru di SMA Kabupaten Ponorogo

Nurkhamidah, Alifatun (2024) Implementasi Kebijakan Sistem Zonasi dalam Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru di SMA Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
206200008 ALIFATUN NURKHAMIDAH MPI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Nurkhamidah, Alifatun. 2024. Implementasi Kebijakan Sistem Zonasi dalam Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru di SMA Kabupaten Ponorogo. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Wilis Werdiningsih, M.Pd.I.

Kata Kunci: Implementasi, penerimaan peserta didik baru, zonasi

Penerimaan peserta didik baru saat ini menggunakan sistem zonasi, dimana pada sistem zonasi ini siswa yang diterima adalah siswa yang tempat tinggalnya dekat dengan sekolah yang didaftar. Peneliti memilih SMA Negeri 2 Ponorogo dan SMA Negeri 3 Ponorogo sebagai tempat penelitian karena kedua sekolah tersebut merupakan sekolah favorit dan diminati oleh banyak siswa, sehingga banyak sekali siswa yang ingin mendaftarkan diri ke SMA Negeri 2 Ponorogo maupun SMA Negeri 3 Ponorogo. Selain itu, kedua sekolah tersebut telah menggunakan sistem zonasi dalam pelaksanaan kegiatan penerimaan peserta didik baru.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) Implementasi kebijakan sistem zonasi di SMA Negeri 2 Ponorogo dan SMA Negeri 3 Ponorogo, (2) Faktor-faktor pendukung dan penghambat penerapan penerimaan peserta didik baru berbasis zonasi, (3) Implikasi implementasi kebijakan sistem zonasi dalam pelaksanaan penerimaan peserta didik baru di SMA Negeri 2 Ponorogo dan SMA Negeri 3 Ponorogo.
Penelitian ini dirancang menggunakan metode kualitatif.
Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara,
observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan kondensasi data, menyajikan data, dan kesimpulan. Selanjutnya uji keabsahan data dilakukan
dengan pendekatan berdasarkan lamanya waktu penelitian, triangulasi sumber,
dan metode, serta ketekunan peneliti.
Berdasarkan hasil penelitian data ditemukan bahwa (1) Implementasi manajemen PPDB berbasis zonasi sudah sesuai dengan prosedur di SMA Negeri 2 Ponorogo dan SMA Negeri 3 Ponorogo diukur dari dasar pemikiran bahwa PPDB berbasis zonasi bertujuan untuk melaksanakan pemerataan pendidikan khususnya distribusi peserta didik yang merata. Pernyataan ini dibuktikan dengan lebih dari 90% peserta didik baru yang diterima pada masing-masing satuan pendidikan yakni SMA Negeri 2 Ponorogo dan SMA Negeri 3 Ponorogo merupakan peserta didik yang berdomisili dekat dengan lokasi sekolah tersebut. (2) Faktor pendukung terhadap keberhasilan pelaksanaan kegiatan PPDB berbasis zonasi yaitu sarana dan prasarana yang memadai, dalam proses sosialisasi dengan menggunakan media sosial, sumber daya manusia sekolah yang memadai dalam mengoperasikan teknologi informasi dan akses jaringan internet yang hampir merata di Kabupaten Ponorogo. Adapun faktor penghambatnya yaitu masih ada calon peserta didik yang terkendala dalam akses teknologi, ada wilayah yang jauh dari sekolah terdekat, masih ada siswa yang mendaftar diluar zonasi, masih ada beberapa daerah tertentu yang tidak memiliki akses jaringan internet, dan kapasitas server yang masih kurang sehingga sulit menampung akses yang banyak secara bersamaan. (3) Kebijakan sistem zonasi ini berdampak pada siswa, sekolah, orang tua.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Wilis Werdiningsih
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 28 May 2024 01:46
Last Modified: 28 May 2024 01:46
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27832

Actions (login required)

View Item View Item