Sa'adah, Aulia Rahmatul Firda (2024) Implementasi Metode Pembelajaran Active Learning Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di MAN 2 Kota Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
201200252_Aulia Rahmatul Firda Sa'adah_Pendidikan Agama Islam.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Sa’adah, Aulia Rahmatul Firda. 2024. Implementasi Metode Pembelajaran Active Learning Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di MAN 2 Kota Madiun. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dr. Kharisul Wathoni, M.Pd.I
Kata Kunci: Active learning, implikasi, problematika, SKI.
Pembelajaran merupakan suatu sistem yang terdiri dari berbagai elemen yang bekerja sama untuk mencapai tujuan pendidikan yang sudah ditentukan. Hal yang perlu diperhatikan adalah pemilihan metode pembelajaran, metode yang digunakan oleh guru saat ini pun juga semakin bervariasi, salah satunya adalah penerapan metode pembelajaran active learning. Metode active learning adalah metode yang mengharuskan peserta didik untuk ikut andil dalam proses pembelajaran. Model dari metode ini sangat bermacam-macam, misalnya dengan model small group discussion, pada model ini para siswa diminta untuk berdiskusi dan mempresentasikan hasil diskusinya.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui pelaksanaan metode pembelajaran active learning dengan model small group discussion pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MAN 2 Kota Madiun, 2) Untuk mengetahui implikasi dari pelaksanaan pembelajaran Sejarah kebudayaan Islam menggunakan metode pembelajaran active learning di MAN 2 Kota Madiun, 3) Untuk mengetahui problematika yang dihadapi pada proses pembelajaran menggunakan metode pembelajaran active learning.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dimana materi disajikan dalam bentuk deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 2 Kota Madiun kelas XI IPS 2.
Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode active learning yang dilakukan di MAN 2 Kota Madiun ini ada tiga tahap, yaitu tahap pembukaan, yang dilakukan dengan doa bersama sebelum pembelajaran dan absensi. Selanjutnya tahap inti, dimana dilakukan pembagian kelompok, diskusi, dan presentasi. Dan yang terakhir adalah tahap penutup, pada tahap ini guru menutup dengan kesimpulan, evaluasi, dan membaca doa kafaratul majelis. 2) Implikasi dari pelaksaan pembelajaran menggunakan metode active learning dengan model small group discussion ini sangat baik, dapat dilihat dari keaktifan siswa saat pembelajaran, kemampuan mereka dalam menguasai materi saat presentasi, dan dari hasil assessment mereka yang berada diatas KKM. 3) Problematika yang dihadapi saat proses pembelajaran adalah perbedaan tingkat kecerdasan siswa dan kurangnya sikap percaya diri siswa membuat pembelajaran sedikit terhambat, karena bagi mereka yang merasa kurang akan mempengaruhi mereka dalam proses penyerapan materi. Selanjutnya adalah kurangnya sarana prasana yang ada di MAN 2 Kota Madiun, seperti kurangnya ketersediaan buku paket Sejarah Kebudayaan Islam di perpustakan, serta adanya beberapa LCD yang memiliki sedikit masalah sehingga mempengaruhi proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Kharisul Wathoni |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 28 May 2024 01:36 |
Last Modified: | 28 May 2024 01:36 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27813 |
Actions (login required)
View Item |