Efektivitas TPS (Think Pair Share) dan STAD (Student Team Achievement Division) Menggunakan Sevima Edlink terhadap Prestasi Belajar PAI Siswa Kelas VIII di SMPN 3 Ngadirojo

Darojat, Ilmi (2024) Efektivitas TPS (Think Pair Share) dan STAD (Student Team Achievement Division) Menggunakan Sevima Edlink terhadap Prestasi Belajar PAI Siswa Kelas VIII di SMPN 3 Ngadirojo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201200316_ILMI DAROJAT_ETHESIS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Darojat, Ilmi. 2024. Efektivitas TPS (Think Pair Share) dan STAD (Student Team Achievement Division) Menggunakan Sevima Edlink terhadap Prestasi Belajar PAI Siswa Kelas VIII di SMPN 3 Ngadirojo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Pembimbing : Rihab Wit Daryono, M.Pd.

Kata Kunci : Think Pair Share, Student Team Achievement Division, Prestasi Belajar

Prestasi belajar merupakan tolak ukur dalam menilai keberhasilan proses pembelajaran. Berdasarkan data nilai prestasi belajar siswa kelas VIII pada penilaian tengah semester ganjil umumnya masih berada dalam kategori cukup. Hal ini umumnya disebabkan oleh metode pembelajaran yang konvensional dan kurangnya dukungan media pembelajaran. Untuk itu diperlukan variasi metode pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa melalui metode pembelajaran think pair share dan student team achievement division.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) peningkatan prestasi belajar dengan menggunakan metode pembelajaran TPS, STAD, dan konvensional menggunakan sevima edlink pada mata pelajaran PAI kelas VIII di SMPN 3 Ngadirojo; (2) perbedaan prestasi belajar pretest dan posttest dalam pembelajaran pendidikan agama islam siswa kelas VIII; dan (3) seberapa besar efektivitas dalam penggunaan metode pembelajaran menggunakan sevima edlink terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran PAI kelas VIII di SMPN 3 Ngadirojo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metodologi penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen, jenis eksperimen yang digunakan yaitu quasy eksperiment. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas VIII dan pemilhan sampel menggunakan teknik non-probability purposive sampling, yaitu kelas VIII A, VIII B, dan VIII C. Instrumen pengumpulan data berupa soal pretest, posttest, angket, dan wawancara. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistika inferensial dengan bantuan SPSS versi 23 dengan paired sample t-test, one way anova dan n gain.
Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh hasil bahwa : (1) terdapat peningkatan prestasi belajar pada kelas TPS sebesar 16,9%, kelas STAD sebesar 2,3%, dan kelas kontrol sebesar 2,9%. (2) terdapat perbedaan signifikan pada prestasi belajar siswa dengan metode TPS, sedangkan pada kelas STAD dan kelas konvensional tidak terdapat perbedaan siginifikan pada prestasi belajar siswa. Hasil uji anova pretest ketiga kelas tidak terdapat perbedaan yang signifikan. Hasil uji anova posttest ketiga kelas terdapat perbedaan yang signifikan. (3) efektivitas metode pembelajaran dihitung dengan nilai gain diperoleh nilai gain kelas TPS sebesar 0,325 dengan kategori sedang, kelas STAD sebesar 0,019 dengan kategori rendah dan kelas kontrol sebesar 0,045 dengan kategori rendah

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Rihab Wit Daryono
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 May 2024 05:50
Last Modified: 27 May 2024 05:50
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27800

Actions (login required)

View Item View Item