Dampak Praktikum Ekonomi Syariah Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Ponorogo

Julianto, Putra Rizki (2024) Dampak Praktikum Ekonomi Syariah Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
PUTRA RIZKI JULIANTO_401200098 .pdf

Download (1MB)

Abstract

Minat merupakan kesadaran seseorang bahwa suatu objek, seseorang, suatu soal atau situasi mengandung sangkut paut dengan dirinya. Minat terhadap wirausaha akan muncul jika keluarga memberikan dampak positif terhadap minat tersebut, karena sikap dan kegiatan yang dilakukan oleh anggota keluarga saling memengaruhi baik secara langsung maupun tidak langsung. Masalah yang muncul pada penelitian ini adalah banyaknya mahasiswa jurusan ekonomi syariah setelah melaksanakan perkuliahan dan praktikum kewirausahaan yang tidak mau meneruskan produk kewirausahaan yang mereka buat ketika praktikum oleh kerena itu, tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menganalisis minat mahasiswa terhadap wirausaha setelah melakukan praktikum kewirausahaan, faktor yang menumbuhkan dan menghambat minat berwirausaha mahasiswa dan dampak praktikum kewirausahaan.
Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Dengan tektik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode deduktif, yaitu suatu cara atau jalan yang dipakai untuk mendapatkan ilmu pengetahuan ilmiah dengan berangkat menggunakan teori yang bersifat umum yang kemudian ditarik untuk mendapatkan kesimpulan yang bersifat khusus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa banyak mahasiwa yang berminat berwirausaha setelah melaksanakan praktikum kewirausahaan akan tetapi ada juga sebagian mahasiswa yang kurang berminat unutuk berwirausaha dengan alasan tersendiri seperti beberapa faktor yang diungkapan oleh mahasiswa jurusan ekonomi Syariah IAIN Ponorogo kebanyakan tidak memiliki modal, kurang berani dalam mengambil resiko, kurangnya kesadaran diri dalam mencari peluang dan tidak memiliki keberanian untuk bersaing. Selain itu dampak dari praktikum di IAIN Ponorogo Jurusan ekonomi syariah terhadap wirausaha menunjukan bahwa mahasiswa dapat memotivasi diri untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan masa depan yang lebih cerah melalui ilmu yang diperoleh ketika di bangku perkuliahan salah satu caranya melalui berwirausaha dengan modal pengetahuan yang cukup, maka setelah itu akan mampu membuka lapangan pekerjaan, dan juga mengurangi pengangguran, secara tidak langsung mahasiswa akan berkontribusi pada kelangsungan hidup masyarakat sekitar khususnya dan masyarakat luas umumnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mansur Azis
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 May 2024 05:42
Last Modified: 27 May 2024 05:42
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27794

Actions (login required)

View Item View Item