Penerapan Pelayanan Pembiayaan Mikro Express dalam Meningkatkan Inklusi Keuangan di BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo

Pratiwi, Dela Septiana Umul (2024) Penerapan Pelayanan Pembiayaan Mikro Express dalam Meningkatkan Inklusi Keuangan di BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI_DELA SEPTIANA UP_PS_402200103_upload etheses.pdf

Download (643kB)

Abstract

Abstrak
Pratiwi, Dela Septiana Umul. Penerapan Pelayanan Pembiayaan Mikro Express dalam Meningkatkan Inklusi Keuangan di BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo. Skripsi. 2024. Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Dwi Setya Nugrahini, M.Pd.

Kata kunci: berwujud, akses, literasi keuangan
Inklusi keuangan merupakan adanya ketersediaan akses oleh lembaga keuangan agar masyarakat dapat menikmati atau menggunakan produk dan layanan jasa keuangan berdasarkan kebutuhan dan kemampuan masyarakat. Menurut OJK, inklusi keuangan dapat ditingkatkan melalui peningkatan akses, peningkatan jenis dan jumlah produk yang sesuai dengan kebutuhan, serta peningkatan penggunaan produk dan kualitas produk. Di mana, cara peningkatan itu terdapat dalam pelayanan prima. Kini tingkat inklusi keuangan syariah 12,12% dan itu lebih rendah dibandingkan keuangan konvensional sebesar 75,28%. Padahal kualitas pelayanan bank syariah khususnya BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo sudah bagus.
Penelitian ini memiliki tujuan, yaitu untuk menganalisis pelayanan pembiayaan mikro express di BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo, untuk menganalisis tingkat keberhasilan BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo dalam meningkatkan inklusi keuangan melalui pelayanan pembiayaan mikro express, dan untuk menganalisis hambatan dalam meningkatkan inklusi keuangan di BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo. Metode yang digunakan peneliti pada penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) dan studi pustaka (library research). Di mana, analisis data dilakukan secara deduktif. Data yang diperoleh, yaitu penerapan pelayanan pembiayaan mikro express dan hambatan dalam meningkatkan inklusi keuangan di BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo.
Pada penelitian ini menunjukkan hasil bahwa pelayanan pembiayaan mikro di BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo ini belum menerapkan pelayanan prima secara maksimal karena tidak ada pelayanan secara digital. Kemudian, melalui pelayanan pembiayaan mikro express ini BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo memberikan keberhasilan inklusi keuangan yang belum maksimal. Hal itu dikarenakan beberapa hambatan, yaitu rendahnya literasi keuangan syariah masyarakat, syarat pembiayaan mikro express yang masih memberatkan, dan layanan digital yang belum memadai.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Dwi Setya Nugrahini
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 May 2024 03:27
Last Modified: 27 May 2024 03:27
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27789

Actions (login required)

View Item View Item