Kemampuan Membaca Puisi Menggunakan Media Komik Strip Pada Siswa Kelas III SDN 1 Jenangan Ponorogo

Anjani, Pratama Nadiah Nur (2024) Kemampuan Membaca Puisi Menggunakan Media Komik Strip Pada Siswa Kelas III SDN 1 Jenangan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
203200221_PRATAMA NADIAH NUR ANJANI_SKRIPSI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Anjani, Pratama Nadiah Nur. 2024. Kemampuan Membaca Puisi Menggunakan Media Komik Strip pada Siswa Kelas III SDN 1 Jenangan Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Farida Yufarlina Rosita, M.Pd.

Kata Kunci: Kemampuan Membaca, Media Komik Strip, Membaca Puisi.

Membaca merupakan salah satu kemampuan yang penting dimiliki oleh setiap orang. Dengan membaca, seseorang dapat memperluas wawasan dan pemahaman tentang berbagai topik, mulai dari pengetahuan hingga sastra. Salah satu aktivitas pembelajaran membaca yang diajarkan pada jenjang sekolah dasar adalah membaca puisi. Guru di SDN 1 Jenangan Ponorogo menggunakan media komik strip dalam pembelajaran membaca puisi untuk mendorong kemampuan membaca puisi siswa. Penggunaan media ini terbukti dapat membantu menarik minat dan meningkatkan kemampuan membaca puisi siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan (1) penerapan media komik strip terhadap aktivitas membaca puisi siswa kelas III SDN 1 Jenangan Ponorogo, (2) kemampuan membaca puisi siswa kelas III SDN 1 Jenangan Ponorogo dengan menggunakan media komik strip, dan (3) faktor penghambat dan faktor pendukung penerapan media komik strip terhadap kemampuan membaca puisi siswa kelas III SDN 1 Jenangan Ponorogo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian ini di SDN 1 Jenangan Ponorogo. Data dalam penelitian ini adalah segala aktivitas yang dikumpulkan melalui kegiatan wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, kondensasi data, presentasi data dan penarikan kesimpulan/verifikasi.
Hasil penelitian yang didapatkan pada penelitian ini, yaitu (1) Dalam penerapan media komik strip terhadap aktivitas membaca puisi, guru sudah menerapkannya sesuai dengan teori perencanaan yaitu persiapan, pelaksanaan/pengajaran, dan evaluasi pembelajaran, sehingga siswa menjadi aktif, semangat dan antusias saat proses kegiatan pembelajaran. (2) Kemampuan membaca puisi siswa kelas III SDN 1 Jenangan semakin baik dari sebelumnya. Siswa telah menunjukkan penggunaan berbagai aspek membaca puisi seperti lafal, tekanan, intonasi, jeda dan pemahaman bahan bacaan saat membaca puisi dengan baik. Hal tersebut dapat dilihat dari perolehan nilai praktik membaca puisi, yaitu terdapat 4 siswa yang menduduki kategori tinggi, 5 siswa dalam kategori sedang, dan 3 siswa dalam kategori rendah. Dari total perolehan skor ke−12 siswa, rata-rata nilai yang diperoleh adalah 81,66. (3) Faktor penghambat penerapan media komik strip untuk mendorong kemampuan membaca puisi siswa kelas III di SDN 1 Jenangan yaitu: kurangnya konsentrasi, perbedaan kemampuan, perbedaan motivasi dan prestasi belajar siswa, serta perbedaan sikap yang ditunjukkan siswa. Faktor pendukung yaitu: semangat belajar yang tinggi, minat dan ketertarikan siswa, kondisi siswa yang mudah terkontrol, suasana kelas yang nyaman dan menyenangkan, sarana dan prasarana yang mendukung, serta motivasi dan bimbingan dari guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Farida Yufarlina Rosita
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 May 2024 01:19
Last Modified: 27 May 2024 01:19
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27766

Actions (login required)

View Item View Item