Komparasi Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Berdasarkan Penggunaan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) di Kelas V MIN 7 Magetan

Khotimah, Aulia Husnul (2024) Komparasi Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Berdasarkan Penggunaan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) di Kelas V MIN 7 Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203200151_Aulia Husnul Khotimah_PGMI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Salah satu kemampuan dasar yang harus dimiliki atau dikuasai siswa dalam mempelajari matematika adalah kemampuan komunikasi matematis. Namun fakta di lapangan menunjukkan kemampuan komunikasi matematis siswa masih tergolong rendah, siswa tidak berani bahkan tidak bisa mengkomunikasikan ide-idenya selama proses pembelajaran berlangsung. Rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa ini disebabkan oleh model pembelajaran yang digunakan guru kurang tepat. Penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dapat dijadikan solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut, karena selama proses pembelajaran yang menggunakan model Numbered Head Together (NHT) dapat dipastikan setiap peserta didik mempunyai kesempatan untuk mengkomunikasikan ide-idenya.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT), (2) mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional dan (3) mengetahui perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa antara yang menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dengan model pembelajaran konvensional.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experiment dan menggunakan desain penelituan Post-test Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V MIN 7 Magetan dengan jumlah sampel 35 siswa yang diambil menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes dan nantinya data yang diperoleh dio menggunakan teknik analisis deskriptif dan inferensial.

Hasil dari penelitian ini yaitu (1) kemampuan komunikasi matematis siswa kelas V MIN 7 Magetan yang menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) menunjukkan rata-rata nilai yang diperoleh adalah 91,11 dengan perolehan presentase nilai kategori tinggi = 22%, kategori sedang = 56% dan kategori rendah = 22% dari jumlah responden. (2) Kemampuan komunikasi matematis siswa kelas V MIN 7 Magetan yang menggunakan model pembelajaran konvensional menunjukkan rata-rata nilai yang diperoleh adalah 83,53 dengan perolehan presentase nilai kategori tinggi = 18%, kategori sedang = 59% dan kategori rendah = 24% dari jumlah responden. (3) Terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dengan model pembelajaran konvensional di kelas V MIN 7 Magetan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kurnia Hidayati
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 May 2024 01:32
Last Modified: 27 May 2024 01:32
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27751

Actions (login required)

View Item View Item