Muhyiddin, Muhyiddin (2024) Pengaruh Kualitas Layanan, Kecepatan Dan Kemudahan Terhadap Kepuasan Nasabah Gen Z Dalam Menggunakan Mobile Banking Bank Syariah Indonesia KCP Ponorogo Soetta. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
E;Thesis Skripsi Muhyiddin 402200169.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Kepuasan pelanggan menjadi indikator utama dalam penilaian sejauh mana bank dapat memenuhi harapan dan kebutuhan nasabah. Salah satu hal yang dapat membedakan suatu bank dengan bank lainnya adalah peningkatan kualitas layanan, dengan kecepatannya serta kemudahan penggunaan yang dirasakan nasabah. Nasabah yang puas akan cendrung setia dan berpotensi menjadi agen promosi positif melalui rekomendasi kepada orang lain. Diera 4.0 ditandai dengan perkembangan yang luar biasa dibidang industri perbankan. Generasi Z yang ketergantungan pada teknologi, tidak ingin menghabiskan waktu yang lama dalam bertransaksi. Layanan perbankan yang responsif, tanpa hambatan yang mudah diakses menjadi kunci untuk memenuhi ekspektasi Gen Z.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh kualitas layanan, kecepatan, dan kemudahan terhadap kepuasan nasabah Gen Z BSI KCP Ponorogo Soetta secara parsial dan simultan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan data primer. Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden dengan menggunakan teknik pengambilan sampel nonprobability sampling dengan cara sampling insidental dimana teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan. Pengumpulan data menggunakan metode angket. Instrumen penelitian menggunakan skala likert. Metode pengolahan data menggunakan aplikasi SPSS versi 23. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, uji t, uji F, dan uji koefisien determinasi (R2).
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kualitas layanan tidak berpengaruh terhadap kepuasan nasabah Gen Z BSI KCP Ponorogo Soetta secara parsial, variabel kecepatan dan varibel kemudahan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah Gen Z BSI KCP Ponorogo Soetta secara parisal. Namun, kualitas layanan, kecepatan dan kemudahan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah Gen Z BSI KCP Ponorogo Soetta secara simultan. Dari hasil pengujian R-Square sebesar 55,0% yang dapat diinterpretasikan bahwa kepuasan nasabah Gen Z BSI KCP Ponorogo Soetta dipengaruhi oleh kualitas layanan, kecepatan dan kemudahan, dan sisasnya 45,0% kepuasan nasabah Gen Z BSI KCP Ponorogo Soetta dipengaruhi oleh variabel lain.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Luhur Prasetiyo |
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 27 May 2024 01:29 |
Last Modified: | 27 May 2024 01:29 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27740 |
Actions (login required)
View Item |