Laputri, Teha Duari Siona (2024) Strategi Manajemen Pemasaran Dalam Meningkatkan Animo Peserta Didik Baru Di MTs Al-Istiqomah Dungus Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
Teha Duari Siona_SKRIPSI 2024 Etheses.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Laputri, Teha Duari Siona. 2024. Strategi Manajemen Pemasaran dalam Meningkatkan Animo Peserta Didik Baru di MTs Al-Istiqomah Dungus Madiun. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Prof. Dr. Mukhibat, M.Ag.
Kata Kunci: Strategi, Manajemen, Pemasaran, Minat Peserta Didik.
Salah satu tantangan yang sedang dihadapi oleh lembaga pendidikan adalah ketatnya persaingan dalam mendapatkan kepercayaan masyarakat. Sekolah-sekolah yang mampu melaksanakan strategi pemasaran dengan baik akan mendapatkan respon positif dari masayarakat. MTs Al-Istiqomah Dungus Madiun salah satu sekolah yang telah berhasil mengimplementasikan strategi pemasaran, sehingga mendapatkan animo yang tinggi dari calon peserta didik. Maka sangat relevan meneliti tentang strategi pemasaran yang dilakukan oleh MTs Al-Istiqomah Dungus Madiun dengan fokus pada perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi strategi manajemen pemasaran.
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis (1) Perencanaan strategi manajemen pemasaran dalam meningkatkan animo peserta didik baru di MTs Al-Istiqomah Dungus Madiun (2) Pelaksanaan strategi manajemen pemasaran dalam meningkatkan animo peserta didik baru di MTs Al-Istiqomah Dungus Madiun. (3) Evaluasi strategi manajemen pemasaran dalam meningkatkan animo peserta didik baru di MTs Al-Istiqomah Dungus Madiun.
Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan validasi.
Hasil dari penelitian menemukan: (1) Perencanaan yang dilakukan MTs Al-Istiqomah Dungus Madiun yaitu: pembentukan Tim PPBD, rapat membuat program kerja dengan menentukan waktu, kuota PPDB yakni 125 Siswa, tempat dan target startegi pemasaran serta menentukan keunggulan sekolah yang akan menjadi bagian yang dipromosikan dalam pemasaran (2) Pelaksanaan strategi manajemen pemasaran yang dilakukan MTs Al-Istiqomah Dungus Madiun yaitu: Tim PPDB saling bekerjasama dalam melakukan tugas sesuai dalam SK PPDB, pemasaran dilaksanakan di awal bulan Januari hingga bulan Juni, yang meliputi tiga Kecamatan, yakni kecamatan Wungu, kecamatan Kare, serta Kecamatan Dagangan dengan 22 SD/MI. Adapun media promosi yang digunakan adalah brosur, word of mouth dari siswa maupun wali murid, media online yaitu facebook, instagram, tik-tok dan story whatsapp. Selain itu sekolah juga memberikan keringanan bagi yatim piatu dan kaum duafa. (3) Evaluasi yang dilakukan yakni: a) Kepala sekolah tidak menerapkan evaluasi tahunan, akan tetapi melakukan evaluasi setiap satu semester sekali, b) Sekolah menjalankan model pemasaran brosur, sosialisasi, dan media sosial, c) Pihak sekolah telah melakukan fokus sasaran yakni siswa kelas 6 SD/MI. Berdasarkan serangkaian evaluasi mulai dari perencanaan hingga pelaksanaan, madrasah ini berhasil melaksanakan seluruh kegiatan dan kegiatan serta mencatat peningkatan jumlah siswa tiap tahunnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Mukhibat |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 22 May 2024 08:26 |
Last Modified: | 22 May 2024 08:26 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27728 |
Actions (login required)
View Item |