..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PENGESAHAN, TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG)..Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Penggerak, Peran Komite, dan Iklim terhadap Kinerja Guru Bersertifikasi Di Smp Negeri Se-Kabupaten Ponorogo

Azizah, Laela Khonaatul (2024) ..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PENGESAHAN, TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG)..Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Penggerak, Peran Komite, dan Iklim terhadap Kinerja Guru Bersertifikasi Di Smp Negeri Se-Kabupaten Ponorogo. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
502220023_LAELA KHONAATUL AZIZAH_MPI.pdf

Download (2MB)

Abstract

PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH PENGGERAK, PERAN KOMITE, DAN IKLIM TERHADAP KINERJA GURU BERSERTIFIKASI DI SMP NEGERI SE-KABUPATEN PONOROGO
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keresahan peneliti terhadap kinerja guru bersertifikasi SMP Negeri di Kabupaten Ponorogo yang telah menjalankan Program Sekolah Penggerak, yang mana pada dasarnya kinerja guru yang bersertifikasi diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendididikan dikarenakan memiliki kompetensi yang lebih baik dalam membimbing anak didik. Kegelisahan peneliti terkait dengan kinerja guru bersertifikasi di sekolah berfokus pada bagaimana kepemimpinan kepala sekolah penggerak, peran komite sekolah, dan iklim sekolah dapat membantu meningkatkan kinerja guru. Peneliti berpandangan bahwa kepemimpinan yang efektif dan motivasi dari kepala sekolah penggerak dapat mempengaruhi kinerja guru, serta peran aktif komite sekolah dalam mendukung kegiatan pendidikan dapat meningkatkan kualitas pengajaran. Selain itu, iklim sekolah yang mendukung dan memungkinkan guru untuk berkreasi dan berinovasi juga dianggap sebagai faktor penting dalam meningkatkan kinerja guru bersertifikasi. Dengan demikian, peneliti berharap dapat menemukan strategi yang efektif untuk meningkatkan kinerja guru bersertifikasi di sekolah melalui interaksi positif antara kepemimpinan, peran komite, dan iklim sekolah yang mendukung.
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk menjelaskan dan menganalisis pengaruh kepemimpinan kepala sekolah penggerak secara parsial terhadap kinerja guru bersertifikasi di SMP Negeri Se-kabupaten Ponorogo. (2) Untuk memaparkan dan menganalisis pengaruh peran komite secara parsial terhadap kinerja guru bersertifikasi di SMP Negeri Se-kabupaten Ponorogo. (3) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh iklim secara parsial terhadap kinerja guru bersertifikasi di SMP Negeri Se-kabupaten Ponorogo. (4) Untuk menjelaskan dan menganalisis kepemimpinan kepala sekolah penggerak, peran komite, dan iklim berpengaruh secara simultan terhadap kinerja guru bersertifikasi di SMP Negeri Se-kabupaten Ponorogo.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru di SMP Negeri se-Kabupaten Ponorogo yang telah menjalankan Program Sekolah Penggerak yang berjumlah 180 orang. Teknik pengumpulan data melalui angket dan dokumentasi. Sedangkan Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana dan berganda.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) Secara parsial kepemimpinan kepala sekolah penggerak (X1) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja guru bersertifikasi (Y) di SMP Negeri se-Kabupaten Ponorogo, dengan pengaruh sebesar 86,3%; (2) Secara parsial peran komite sekolah (X2) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja guru bersertifikasi (Y) di SMP Negeri se-Kabupaten Ponorogo, dengan pengaruh sebesar 66%; (3) Secara parsial iklim sekolah (X3) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja guru bersertifikasi (Y) di SMP Negeri se-Kabupaten Ponorogo, dengan pengaruh sebesar 78,7%; dan (4) Secara simultan kepemimpinan kepala sekolah penggerak (X1), peran komite (X2), dan iklim (X3) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja guru bersertifikasi (Y) di SMP Negeri se-Kabupaten Ponorogo, dengan pengaruh sebesar 93,2%.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Ahmadi, Retno Widyaningrum
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 May 2024 02:40
Last Modified: 22 May 2024 02:40
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27722

Actions (login required)

View Item View Item