Wintari, Ro Esta (2024) STRATEGI BANK DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH PADA PRODUK PEMBIAYAAN KPR iB MUAMALAT KCP PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
402200198_RO ESTA WINTARI_PERBANKAN SYARIAH.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Kata Kunci: strategi bank, nasabah, KPR
Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh penurunan jumlah nasabah pada produk pembiayaan KPR iB Muamalat, pada produk ini jumlah nasabahnya paling rendah dibandingkan dengan produk yang lain. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana strategi bank dalam meningkatkan jumlah nasabah pada produk pembiayaan KPR iB Muamalat KCP Ponorogo? Bagaimana faktor pendukung dan penghambat strategi bank dalam meningkatkan jumlah nasabah pada produk pembiayaan KPR iB Muamalat KCP Ponorogo? Bagaimana dampak strategi bank dalam meningkatkan jumlah nasabah pada produk pembiayaan KPR iB Muamalat KCP Ponorogo?
Dalam penyusunan skripsi ini, penulis menggunakan metode lapangan (field research) dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah observasi dan wawancara. Lokasi yang dijadikan objek penelitian ini berada di Bank Muamalat Kantor Cabang Pembantu Ponorogo yang beralamat di Jl. Urip Sumoharjo No. 55, Krajan, Mangkujayan, Ponorogo. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh secara langsung dari narasumber, teknik pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi, peneliti melakukan pengecekan keabsahan data yang diperoleh dari wawancara menggunakan triangulasi sumber,
Hasil dari penelitian ini adalah strategi bank dalam meningkatkan jumlah nasabah pada produk pembiayaan KPR iB Muamalat yaitu dengan strategi pelayanan prima yang terdiri dari 6 konsep yaitu ability/kemampuan, attitude/sikap, appearance/penampilan, attention/perhatian, action/tindakan, accountability/pertanggungjawaban. Bank Muamalat KCP Ponorogo harus memiliki pengetahuan produk yang mumpuni, dalam melayani nasabah harus dengan jelas intonasinya, memperlakukan nasabah dengan sikap ramah dan sopan, menggunakan SOP penampilan yang ditentukan secara fisik dan non fisik, memberikan perhatian yang lebih kepada nasabah, dalam melayani nasabah harus sigap, cepat, tanggap, dan hangat, menangani keluhan nasabah dengan cepat apabila keluhannya berat maka akan ditangani dalam waktu 14 hari kerja. Adapun faktor pendukung dalam meningkatkan jumlah nasabah yaitu kualitas produk, kualitas pelayanan, dan emosional. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu tidak mudah merayu nasabah, penolakan sering terjadi, keluhan tentang persyaratan, dan persaingan dengan bank lain. Strategi bank tersebut memiliki dampak positif dalam meningkatkan jumlah nasabah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Khoirun Nisak |
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 22 May 2024 02:17 |
Last Modified: | 22 May 2024 02:17 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27714 |
Actions (login required)
View Item |