Afifah, Riza Lilik Nur (2024) Strategi Pelayanan Perpustakaan dalam Meningkatkan Minat Baca di MAN 2 Kabupaten Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
206200140_RIZA LILIK NUR AFIFAH_MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Peran perpustakaan sangat penting dalam membina dan mengembangkan kesadaran membaca. Kegiatan membaca tidak lepas dari keberadaan dan ketersediaan bahan bacaan yang memadai, baik dari segi kuantitas maupun kualitas bacaan. Minat membaca seseorang akan timbul apabila orang tersebut mempunyai kemampuan membaca, sedangkan budaya membaca seseorang tetap terjaga apabila bahan dan jenis bacaan yang diinginkan pembaca tersedia sesuai dengan minat pembaca. Tetapi permasalahannya terletak pada minat baca siswa di perpustakaan yang masih kurang, permasalahan tersebut disebabkan karena zaman sekarang sudah semakin banyaknya orang yang beralih mencari informasi melalui internet maka peran perpustakaan di kalangan pelajar menjadi terpinggirkan karena mereka merasa bahwa kebutuhan informasi mereka belum terpenuhi di perpustakaan.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan strategi pelayanan perpustakaan dalam meningkatkan minat baca; (2) memaparkan faktor pendukung dan penghambat strategi pelayanan perpustakaan dalam meningkatkan minat baca; dan (3) mengimplikasikan strategi pelayanan perpustakaan dalam meningkatkan minat baca.
Adapun penelitian ini dirancang menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif karena dalam penelitian ini akan menjelaskan atau menggambarkan mengenai suatu peristiwa, aktivitas-aktivitas, maupun informasi yang telah diperoleh. Pengambilan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Partisipan penelitian berasal dari peserta didik, kepala perpustakaan, dan kepala sekolah. Data hasil penelitian kemudian dianalisis menggunakan model analisa Miles, Huberman dan Saldana meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, kesimpulan.
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa (1) Ada 4 strategi pelayanan perpustakaan dalam meningkatkan minat baca; a). Strategi kerjasama dengan guru mata pelajaran; b). Strategi pemberian reward; c). Strategi promosi; d) Strategi layanan luar biasa. (2). Faktor pendukung dan penghambat strategi pelayanan perpustakaan dalam meningkatkan minat baca; a). Faktor pendukungnya terletak pada kegiatan atau program seperti kegiatan literasi madrasah dan terciptanya ruangan perpustakaan yang bersih dan rapi; b). Faktor penghambat efektivitas strategi pelayanan perpustakaan seperti keterbatasan koleksi buku, dana yang terbatas dan gangguan teknis pada aplikasi sirkulasi otomasi senayan (perangkat lunak sistem manajemen perpustakaan) (3). Implikasi strategi pelayanan perpustakaan dalam meningkatkan minat baca; Strategi pemberian reward dan layanan luar biasa merupakan strategi yang paling efektif dalam meningkatkan minat baca siswa. Tidak hanya minat baca siswa meningkat, tetapi juga pemahaman mereka terhadap dunia, keterampilan berpikir kritis, dan kreativitas dapat terus berkembang positif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Umar Sidiq |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 22 May 2024 02:13 |
Last Modified: | 22 May 2024 02:13 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27713 |
Actions (login required)
View Item |