Dzakiyyah, Hanun Nada (2024) Manajemen Tata Usaha Dalam Meningkatkan Kualitas Layanan Administrasi Di MA Al-Islam Joresan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
MANAJEMEN TATA USAHA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN ADMINISTRASI DI MA AL-ISLAM JORESAN.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Dzakiyyah, Hanun Nada. 2024. Manajemen Tata Usaha dalam Meningkatkan Kualitas Layanan Administrasi. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Pembimbing Abdul Kholiq, M.BA.
Kata Kunc: Manajemen Tata Usaha, Kualitas Layanan, Administrasi
Administrasi merupakan salah satu dari komponen pendidikan, namun saat ini yang terjadi adalah semakin rendahnya kualitas pelayanan administrasi sekolah oleh tata usaha sekolah yang disebabkan karena kurangnya perhatian terhadap kepuasan pelanggan. Terdapat beberapa faktor penyebab rendahnya kualitas layanan administrasi, salah satunya adalah staf administrasi kurang cakap dalam memberikan pelayanan. Peneliti menghubungkan masalah ini dengan manajemen tata usaha dalam meningkatkan kualitas layanan administrasi di MA Al-Islam Joresan.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui perencanaan tata usaha dalam meningkatkan kualitas layanan administrasi di MA Al-Islam Joresan, (2) Mengetahui dan menganalisis pelaksanaan tata usaha dalam meningkatkan kualitas layanan administrasi di MA Al-Islam Joresan, (3) Mengetahui hambatan-hambatan yang dihadapi tata usaha dalam meningkatkan kualitas layanan administrasi di MA Al-Islam Joresan.
Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan serta verifikasi kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan tata usaha di MA Al-Islam dilaksanakan setiap tahun sebelum memasuki tahun ajaran baru. dimulai dengan menganalisis evaluasi kinerja pada tahun sebelumnya, kemudian jika dirasa membutuhkan tenaga administrasi tambahan maka diadakan rekrutmen dan pelatihan tenaga administrasi. Selajutnya diadakan penyusunan program kerja dengan disertai dengan strategi-strateginya dan pembagian tugas kepada masing-masing staf. (2) Pelaksanaan tata usaha berjalan dengan berapa program seperti layanan Penerimaan Peserta Didik Baru, Program Indonesia Pintar, beasiswa prestasi, layanan keuangan, dan pengadministrasian data siswa. Pelayanan terdepan berada pada staf bagian pelayanan publik, jika berkaitan dengan data maka akan diarahkan ke staf bagian operator, namun jika berkaitan dengan keuangan akan diarahkan pada staf bagian keuangan. Dalam menjalankan pelayanan administrasi, staf tata usaha MA Al-Islam Joresan memperhatikan standar operasional khusus layanan administrasi, selain itu mereka juga didukung dengan fasilitas yang cukup lengkap. Kepala Tata Usaha dan Kepala Sekolah sebagai pimpinan berperan memberikan motivasi kerja kepadaanggotanya. (3) Kepala Sekolah dan Kepala Tata Usaha berperan dalam pengawasan, meskipun demikian, masih terdapat hambatan yang dirasakan oleh tata usaha MA Al-Islam Joresan. Hambatan internal yaitu ruangan yang kurang memadai, siswa yang kurang disiplin mengumpulkan data, dan rasio jumlah staf dengan jumlah siswa tidak seimbang sehingga menyebabkan penumpukan pekerjaan, hambatan eksternalnya terkait permintaan data dari Kemenerian Agama yang sering mendadak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Abdul Kholiq |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 21 May 2024 08:53 |
Last Modified: | 21 May 2024 08:53 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27708 |
Actions (login required)
View Item |