Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah Terhadap Penyelesaian Perselisihan Pada Kelompok Tani Sido Maju Di Desa Sidorejo Kabupaten Madiun

Permatasari, Rohaliya Dewi (2024) Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah Terhadap Penyelesaian Perselisihan Pada Kelompok Tani Sido Maju Di Desa Sidorejo Kabupaten Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
ROHALIYA DEWI PERMATASARI - 102200105- HUKUM EKONOMI SYARIAH.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Permatasari, Rohaliya Dewi 2024. Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah Terhadap Penyelesaian Perselisihan Pada Kelompok Tani Sido Maju Di Desa Sidorejo Kabupaten Madiun. Skripsi Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Nugroho Noto Diharjo, M.E,.
Kata Kunci/Keywords: Wanprestasi (ingkar janji), Perdamaian (ṣulḥ)
Penelitian ini dilatar belakangi adanya sengketa perselisihan pada Kelompok Tani Sido Maju yang dimana seharusnya perjanjian bagi hasil yang jujur dan amanah adalah dengan melalui kesepakatan bersama. Seperti halnya pada Kelompok Tani Sido Maju Madiun dalam pembagian hasil dilakukan secara terbuka dan transparan sesuai perjanjian kesepakatan bersama. Akan tetapi faktanya yang terjadi telah adanya ingkar janji oleh salah satu pihak. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyelesaian perselisihan para pihak untuk tercapainya jalan keluar dalam permasalahan tersebut.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap sebab-sebab terjadinya perselisihan pada kelompok tani Sido Maju di Desa Sidorejo Kabupaten Madiun dan tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap penyelesaian perselisihan pada kelompok tani sido maju di Desa Sidorejo Kabupaten Madiun?
Jenis penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian lapangan yang menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, dokumentasi dan observasi. Analisis yang digunakan menggunakan tahapan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa 1) sebab-sebab terjadinya peerselisihan antara pengurus dan anggota kelompok tani Sido Maju adalah adanya wanprestasi (ingkar janji), dimana pihak dalam pelaksanaan bagi hasil tidak di laksanakan secara terbuka, penyerahan bagi hasil kepada anggota hanya sebagian dari keuntungan yang seharusnya didapat dan kurangnya kejelasan terkait rekapan bagi hasil kas saham. Hal ini telah sesuai dengan ketentuan dalam Islam terjadinya wanprestasi (ingkar janji) dikarenakan, adanya unsur kelalaian atau kesengajaan oleh pihak pengurus sehingga mengakibatkan kerugian terhadap pihak anggota kelompok tani sido maju. 2) untuk itu dilakukan tindakan penyelesaian sengketa perselisihan bagi hasil antara pengurus dan anggota Keelompok Tani Sido Maju dengan menggunakan metode perdamaian (ṣulḥ) dan dilakukan rekonsiliasi kepengurusan kelompok tani Sido Maju. Sehingga terkait penyelesaian sengketa dalam perselisihan ini sudah sesuai dengan hukum Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Nugroho Noto Diharjo
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 May 2024 08:30
Last Modified: 21 May 2024 08:30
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27703

Actions (login required)

View Item View Item