Khusna, Hestian Wahyu Halimatul (2024) Manajemen OSIS dalam Meningkatkan Karakter Kepemimpinan Siswa di SMAN 1 Sambit (Penerapan Fungsi-Fungsi Manajemen). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
206200025_Hestian Wahyu Halimatul Khusna_MPI.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Khusna, Hestian Wahyu Halimatul. 2024. Manajemen OSIS dalam Meningkatkan Karakter Kepemimpinan Siswa di SMAN 1 Sambit (Penerapan Fungsi-Fungsi Manajemen). Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Fata Asyrofi Yahya, M.Pd.I.
Kata Kunci: OSIS, karakter, kepemimpinan
Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) Secara umum adalah kelompok kerjasama antar pribadi yang diadakan untuk mencapai tujuan bersama. OSIS juga dapat diartikan sebagai wadah untuk mengembangkan dan mengasah karakter kepemimpinan siswa. Perlu diketahui, permasalahan pendidikan di Indonesia pada penanaman karakter kepemimpinan perlu dikaji lebih dalam. Permasalahan tersebut dikarenakan karena adanya perkembangan zaman dan kurangnya penerapan serta pembiasaan dari penanaman karakter kepemimpinan. Karakter kepemimpinan seseorang tidak diwariskan dan tidak dapat dibentuk secara instan, tetapi sesuatu yang dibangun secara berkesinambungan hari demi hari melalui pikiran dan perbuatan, pikiran demi pikiran, tindakan demi tindakan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis perencanaan OSIS dalam meningkatkan karakter kepemimpinan siswa di SMAN 1 Sambit, mengetahui dan menganalisis pelaksanaan OSIS dalam meningkatkan karakter kepemimpinan siswa di SMAN 1 Sambit, mengetahui dan menganalisis evaluasi OSIS dalam meningkatkan karakter kepemimpinan siswa di SMAN 1 Sambit, mengetahui dan menganalisis implikasi dari OSIS dalam meningkatkan karakter kepemimpinan siswa di SMAN 1 Sambit.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Penelitian dilakukan berdasarkan kondisi realistis atau natural setting, sistematis, kompleks dan rinci di suatu lembaga pendidikan. Dengan hasil penelitian berupa data deskriptif, lisan atau kata-kata dari sumber data berupa orang maupun perilaku yang dapat diamati. Penelitian ini bertempat di SMAN 1 Sambit Ponorogo. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini yaitu (1) Perencanaan OSIS yaitu dengan melakukan penetapan sasaran, merumuskan tujuan, menetapkan strategi, dan mengembangkan sub-rencana untuk mengkoordinasikan kegiatan. (2) Pelaksanaan OSIS meliputi penugasan dilakukan oleh kepala sekolah, pembina OSIS, ketua OSIS. Selanjutnya melakukan koordinasi oleh kepala sekolah dan pengurus OSIS, dilanjutkan dengan pemberian motivasi oleh kepala sekolah, guru, dan pengurus OSIS, terakhir pemberian arahan oleh kepala sekolah. Keterkaitan dengan program kerja yaitu pada program kerja Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK), Peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW dan Kegiatan jabat tangan dengan guru sebelum masuk sekolah. (3) Evaluasi OSIS dilakukan untuk perbaikan yang lebih baik. Evaluasi ada yang dilaksanakan langsung setelah selesai pelaksanaan program kerja dan ada evaluasi tahunan atau evaluasi besar yang dilakukan diakhir kepengurusan. (4) Implikasi OSIS dalam meningkatkan karakter kepemimpinan siswa di SMAN 1 Sambit menunjukkan bahwa kemampuan mengambil keputusan siswa OSIS, kemampuan memotivasi, kemampuan komunikasi, kemampuan mengendalikan diri dan kemampuan bertanggungjawab terbukti meningkat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Fata Asyrofi Yahya |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 21 May 2024 02:30 |
Last Modified: | 21 May 2024 02:30 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27689 |
Actions (login required)
View Item |