Penerapan Program Reduce, Reuce, Recycle (3r) dalam Menumbuhkan Karakter Peduli Lingkungan, Kreatif, dan Tanggung Jawab di SDIT Qurrota A’yun Ponorogo

Wulandari, Annisa (2024) Penerapan Program Reduce, Reuce, Recycle (3r) dalam Menumbuhkan Karakter Peduli Lingkungan, Kreatif, dan Tanggung Jawab di SDIT Qurrota A’yun Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Wulandari, Annisa. 2024. Penerapan Program Reduce, Reuce, Recycle (3R) Dalam Menumbuhkan Karakter Peduli Lingkungan, Kreatif, dan Tanggung jawab di SDIT Qurrota A’yun Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Mukhlison Effendi, M. Ag.
Kata Kunci: Program 3R, Karakter Peduli Lingkungan, Kreatif, Tanggung jawab
Karakter merupakan suatu sistem keyakinan dan kebiasaan yang mendorong tingkah laku seseorang. Penerapan nilai-nilai karakter yaitu seperti karakter peduli lingkungan, kreatif, tanggung jawab. Seorang siswa harus memiliki karakter tersebut agar terbiasa hidup sehat, kreatif serta mempunyai jiwa tanggung jawab dalam dirinya. Karakter peduli lingkungan, kreatif, tanggung jawab dapat dibentuk melalui berbagai cara salah satunya melalui penerapan program 3R.
Tujuan dari penelitian ini untuk (1) mendeskripsikan penerapan program 3R dalam menumbuhkan karakter peduli lingkungan (2) mendeskripsikan penerapan program 3R dalam menumbuhkan karakter kreatif (3) mendeskripsikan penerapan program 3R dalam menumbuhkan karakter tanggung jawab.
Adapun metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, yang dilakukan di SDIT Qurrota A’yun Ponorogo. Data yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan meliputi: redusi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data yang meliputi perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan dalam penelitian, triangulasi, diskusi dengan teman sejawat, analisis kasus negative, dan membercheck.
Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa(1)Penerapan Program 3R dalam menumbuhkan karakter peduli lingkungan di SDIT Qurrota A’yun Ponorogo dengan membiasakan dan mengajak siswa untuk memilah sampah dengan membedakan mana sampah organik dan mana sampah anorganik(2) Penerapan Program 3R dalam menumbuhkan karakter kreatif di SDIT Qurrota A’yun Ponorogo dengan guru berperan untuk mengajak anak membuat sebuah karya yang terbuat dari sampah (3) Penerapan Program 3R dalam menumbuhkan karakter tanggung jawab di SDIT Qurrota A’yun Ponorogo dengan memberikan pemahaman yang sederhana tentang lingkungan dengan bercerita atau aktivitas yang menarik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mukhlison Effendi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 May 2024 02:30
Last Modified: 21 May 2024 02:30
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27688

Actions (login required)

View Item View Item