..(SCAN FULL SATU LEMBAR PADA LEMBAR BERTTD/JUDUL TDK TERPISAH, UPLOAD ULANG)...Efektivitas Pelaksanaan Monitoring Terhadap Portofolio Pembiayaan Segmen Mikro Pada Bank Syariah Indonesia KCP Pare Supratman

Laela, Rodena Yoman (2024) ..(SCAN FULL SATU LEMBAR PADA LEMBAR BERTTD/JUDUL TDK TERPISAH, UPLOAD ULANG)...Efektivitas Pelaksanaan Monitoring Terhadap Portofolio Pembiayaan Segmen Mikro Pada Bank Syariah Indonesia KCP Pare Supratman. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
402200199_RODENA YOMAN LAELA_PERBANKAN SYARIAH.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh fenomena yang terjadi pada Bank Syariah Indonesia KCP Pare Supratman mengenai efektivitas, pelaksanaan monitoring. Pembiayaan yang telah diberikan kepada nasabah tidak digunakan dengan semestinya. Dengan rumusan masalah (1) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan monitoring pembiayaan segmen mikro di Bank Syariah Indonesia KCP Pare Supratman? (2) Bagaimana efektivitas pelaksanaan monitoring terhadap portofolio pembiayaan segmen mikro di Bank Syariah Indonesia KCP Pare Supratman? (3) analisis penyaluran pembiayaan segmen mikro di Bank Syariah Indonesia KCP Pare Supratman?.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan (field Research) karena penelitian dalam melakukan pencarian data serta pengumpulan datanya dilakukan ditempat terjadinya fenomena atau kasus tertentu terjadi. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, karena pada penelitian ini menghasilkan data atau kata-kata tertulis maupun lisan dari orang-orang yang diwawancarai maupun diamati. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat ditarik kesimpulan bahwa Faktor pendukung pelaksanaan monitoring yaitu ekonomi pemerintah yang stabil, system yang baik, kesadaran nasabah untuk mengembalikan pembiayaan dan melengkapi dokumen dan penerapan analisa calon nasabah sesuai standart operasional, sedangkan faktor pengahmbatnya yaitu terletak pada system, nasabah yang tidak jujur terhadap kejadian yang sebenarnya, nasabah sulit dihubungi dan bencana alam. Efektivitas pelaksanaan monitoring yaitu sudah efektif jika dilihat dari pembayaran angsuran yang lancar. Penyaluran pembiayaan yang dilakukan yaitu yang dilakukan oleh Bank Syariah Indonesia KCP Pare Supratman sudah mematuhi prosedur analisa calon nasabah. tahap pertama pengumpulan dokumen, tahap kedua analisa calon nasabah, tahap ketiga penentuan layak atau tidaknya pemberian pembiayaan, tahap keempat pencairan, tahap kelima monitoring.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yutisa Tri Cahyani
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 May 2024 02:16
Last Modified: 21 May 2024 02:16
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27680

Actions (login required)

View Item View Item