..(GUNAKAN SCAN WARNA PADA LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN, UPLOAD ULANG)..Efektivitas Hukum Penerapan Surat Edaran Mahkamah Agung Nomor 1 Tahun 2023 Tentang Tata Cara Panggilan Dan Pemberitahuan Melalui Surat Tercatat (Studi di Pengadilan Agama Ponorogo)

Santoso, Kurniawan Bugo (2024) ..(GUNAKAN SCAN WARNA PADA LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN, UPLOAD ULANG)..Efektivitas Hukum Penerapan Surat Edaran Mahkamah Agung Nomor 1 Tahun 2023 Tentang Tata Cara Panggilan Dan Pemberitahuan Melalui Surat Tercatat (Studi di Pengadilan Agama Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
up E THESIS skripsi - Kurniawan Bugo Santoso - naskah.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Bugo Santoso, Kurniawan 2024, Efektivitas Hukum Penerapan Surat Edaran Mahkamah Agung Nomor 1 Tahun 2023 Tentang Tata Cara Panggilan Dan Pemberitahuan Melalui Surat Tercatat (Studi Di Pengadilan Agama Ponorogo). Skripsi Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syari’ah Institute Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Endrik Safudin, S.H.I., M.H.
Kata Kunci/Keyword : efektivitas hukum, surat edaran, surat tercatat
Penerapan pemanggilan para pihak menggunakan jasa pos di Pengadilan Agama Ponorogo telah dilakukan sejak tahun 2023, setelah Pengadilan Agama Ponorogo menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan PT. Pos Indonesia Kantor Cabang Ponorogo. MoU ini dilakukan dalam rangka memenuhi Surat Edaran Mahkamah Agung RI Nomor 1 Tahun 2023 Tentang Tata Cara Panggilan Dan Pemberitahuan Melalui Surat Tercatat. Yang mana sebelumnya di sampaikan oleh juru sita kini di kirim melalui pos dan sampaikan oleh kurir kepada pihak yang bersangkutan atau yang disebut dengan surat tercatat .
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana efektivitas hukum penerapan Surat Edaran Mahkamah Agung Nomor 1 Tahun 2023 di Pengadilan Agama Ponorogo?, bagaimana solusi terhadap kendala yang dihadapi dalam penyampaian relaas panggilan melalui jasa penyedia pengiriman surat di Pengadilan Agama Ponorogo?
Adapun penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.
Dari penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan penerapan surat edaran Mahkamah Agung Nomor 1 Tahun 2023 Tentang Tata Cara Panggilan Dan Pemberitahuan Melalui Surat Tercatat di Pengadilan Agama Ponorogo sebagian faktor hukum, penegak hukum dan sarana prasarana sudah efektif, namun dari faktor masyarakat dan budaya masih ada sesuatu hal yang perlu diperhatikan guna meningkatkan nilai efektifitasnya. Beberapa faktor penghambatnya yaitu komunikasi yang buruk dari kedua belah pihak berperkara, kemudian pemanfaatan teknologi dari sebagian masyarakat yang masih kurang dan budaya malu yang menyebabkan enggan datang ke persidangan. Adapaun beberapa saran solusi yang dapat diterapkan seperti pemanfaatan teknologi, sosialisasi dan edukasi kepada khalayak umum serta penekanan untuk menjalin sinergitas antara pihak pengadilan dan pihak berperkara.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Endrik Safudin
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 May 2024 07:42
Last Modified: 20 May 2024 07:42
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27674

Actions (login required)

View Item View Item