Penerapan Metode Proyek Pada Mata Pelajaran Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Sebagai Penguatan Karakter Gotong Royong

Retnawati, Vivi Mei (2024) Penerapan Metode Proyek Pada Mata Pelajaran Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Sebagai Penguatan Karakter Gotong Royong. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203200121_VIVI MEI RETNAWATI_PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Retnawati, Vivi Mei. 2024. Penerapan Metode Proyek pada Mata Pelajaran Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sebagai Penguatan Karakter Gotong-royong. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Restu Yulia Hidayatul Umah, M.Pd.

Kata Kunci : Metode Proyek, Profil Pelajar Pancasila, Karakter Gotong-royong

Metode Proyek merupakan suatu cara dalam pembelajaran yang melibatkan anak untuk menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, baik secara individu maupun kelompok dengan menggunakan objek alam sekitar yang memanfaatkan benda yang ada di lingkungan sekitar. Di MIN 1 Ngawi sendiri, penerapan metode proyek dilakukan secara praktek langsung melalui tugas proyek, dimana peserta didik menciptakan kreativitas, menemukan hal-hal baru, dan membuat karya. Melalui belajar dengan metode proyek nilai gotong royong akan tercipta pada pembelajaran, peserta didik saling kerja sama, peduli dan berbagi. Gotong-royong merupakan proses bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu hasil yang diinginkan. Penelitian ini memiliki urgensi kegiatan pembelajaran proyek menciptakan bentuk kerja sama, saling berbagi dan peduli dalam menyelesaikan tugas bersama.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan metode proyek pada mata pelajaran P5 kelas V di MIN 1 Ngawi (2) mendeskripsikan penguatan karakter gotong-royong peserta didik dalam metode proyek pada mata pelajaran P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) di kelas V MIN 1 Ngawi.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif-deskriptif. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Berdasarkan pembahasan dan temuan penelitian bahwa (1) penerapan metode proyek pada mata pelajaran P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) kelas V di MIN 1 Ngawi dilaksanakan awal kurikulum merdeka yang khususnya kelas 1, 4 dan 5. Metode proyek dikerjakan secara bersama-sama dan berkelompok untuk menyelesaikan tugas proyek yang berkaitan kehidupan sehari-hari (2) penguatan karakter gotong-royong peserta didik dalam metode proyek pada mata pelajaran P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) kelas V di MIN 1 Ngawi yang dikerjakan secara gotong-royong dan berkelompok dimana peserta didik menciptakan sikap kolaborasi, kepedulian, dan berbagi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Restu Yulia Hidayatul Umah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 May 2024 02:34
Last Modified: 20 May 2024 02:34
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27656

Actions (login required)

View Item View Item