Peran Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam di SMPN 4 Ponorogo

Sufiana, Sufiana (2024) Peran Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam di SMPN 4 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
E-Thesis SKRIPSI 206200151 SUFIANA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Sufiana. 2024. Peran Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam di SMPN 4 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Afni Ma’rufah,M.Pd.
Kata Kunci: Kepala sekolah, kinerja, guru pendidikan agama Islam.
Peran kepala sekolah sangatlah penting dalam mengelola lembaga pendidikan, dan juga bertanggungjawab dalam mengembangkan kinerja guru. Dan kunci keberhasilan sekolah dalam mencapai tujuan pendidikan berada ditangan kepala sekolah dan guru mempunyai peran dalam perkembangan peserta didik. Peran kepala sekolah SMPN 4 Ponorogo sudah berusaha melaksanakan tugas dan kewajibannya sebagai pemimpin di lembaga pendidikan untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Peran kepala sekolah sebagai manager dan motivator dalam meningkatkan kinerja guru sudah diimplementasikan, dengan dibuktikan adannya program-program untuk menunjang kinerja para guru. Tetapi ada kendala yang ditemui kepala sekolah sebagai motivator dalam upaya meningkatkan kinerja guru adalah tidak semua guru tingkat responnya sama, ada yang langsung diajak bicara langsung respon, dan ada juga yang butuh beberapa kali dan banyak kali untuk membinannya.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini, yaitu: (1) Untuk mengetahui bagaimana peran kepala sekolah sebagai manager dalam mengembangkan kinerja guru pendidikan agama Islam di SMPN 4 Ponorogo, (2) Untuk mengetahui bagaimana peran kepala sekolah sebagai motivator dalam mengembangkan kinerja guru pendidikan agama Islam di SMPN 4 Ponorogo, (3) Untuk mengetahui bagaiman kinerja dari guru pendidikan agama Islam di SMPN 4 Ponorogo.
Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data dengan melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknis analisa data, peneliti menggunakan data collection (koleksi/pengumpulan data), data condensation (kondensi data) data display (penyajian data) dan conclusion drawing/verivication(penarikan kesimpulan).
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) Peran kepala sekolah sebagai manager dalam mengembangkan kinerja guru pendidikan agama Islam di SMPN 4 Ponorogo yaitu diadakannya diskusi kombel secara teratur dan kontinyu, dan melakukan evaluasi pembelajaran setiap bulan. (2) Peran kepala sekolah sebagai motivator dalam mengembangkan kinerja guru pendidikan agama Islam di SMPN 4 Ponorogo yaitu adanya pemberian penghargaan atau reward kepada guru yang berprestasi, dan mengikutsertakan kegiatan pelatihan atau pembinaan. (3) Kinerja dari guru pendidikan agama Islam di SMPN 4 Ponorogo baik dan guru mampu mengerjakan tugas dan kewajiban masing-masing individu dan berpengaruh kepada keberhasilan untuk mewujudkan cita-cita dan tujuan dari SMPN 4 Ponorogo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Afni Ma'rufah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 May 2024 01:23
Last Modified: 20 May 2024 03:08
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27627

Actions (login required)

View Item View Item