Umaroh, Siti Khoiril (2024) Pelaksanaan Program Amaliyah Tadris Untuk Menumbuhkan Jiwa Dan Keterampilan Mengajar Santri Pondok Pesantren Wali Songo Ngabar Siman Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
SITI KHOIRIL UMAROH_ SKRIPSI FIKS.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Umaroh, Siti Khoiril. 2024. Pelaksanaan Program Amaliyah Tadris Untuk Menumbuhkan Jiwa dan Keterampilan Mengajar Santri Pondok Pesantren Wali Songo Ngabar Siman Ponorogo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dr. Yufridal Fitri Nursalam, M.Pd.
Kata Kunci: Pelaksanaan, Amaliyah Tadris, keterampilan mengajar, santri, Pondok Pesantren.
Permasalahan pendidikan nasional yang masih dihadapi saat ini yaitu rendahnya kualitas sumber daya manusia. Permasalahan yang sama juga dialami oleh Lembaga Pondok Pesantren Wali Songo Ngabar. Hal ini dibuktikan dengan masih banyaknya keluhan yang muncul dari para santri tentang cara mengajar guru yang masih monoton. Dengan adanya kebutuhan untuk menumbuhkan jiwa dan keterampilan mengajar santri, maka Pondok Pesantren Wali Songo Ngabar mengadakan program wajib yang bernama amaliyah tadris untuk memberikan wadah kepada para santri kelas VI supaya bisa mengasah keterampilan mengajar yang dimiliki oleh para santri.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1)Pelaksanaan program amaliyah tadris untuk menumbuhkan jiwa dan keterampilan mengajar santri Pondok Pesantren Wali Songo Ngabar Siman Ponorogo; dan (2) Keterampilan mengajar yang diterapkan pada program amaliyah tadris untuk menumbuhkan jiwa dan keterampilan mengajar santri Pondok Pesantren Wali Songo Ngabar Siman Ponorogo.
Adapun dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Lokasi penelitian dilaksanakan di Pondok Pesantren Wali Songo Ngabar Siman Ponorogo. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek utama yang dijadikan sumber data oleh peneliti yaitu direktur TMT-I, pembimbing amaliyah tadris, dan panitia amaliyah tadris. Data yang didapatkan oleh peneliti dari hasil penelitian dianalisis dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil dari analisa data ditemukan bahwasanya (1)Pelaksanaan program amaliyah tadris untuk menumbuhkan jiwa dan keterampilan mengajar santri Pondok Pesantren Wali Songo Ngabar ada tiga tahap: Pertama, tahap perencanaan yang dilakukan dari panitia ujian amaliyah tadris dan guru pembimbing amaliyah tadris. Kedua, tahap pelaksanaan kegiatan amaliyah tadris yang meliputi tahap perkenalan, tahap pembukaan, tahap presentasi dan konektivitas, tahap aplikasi dan evaluasi dan tahap penutup. Ketiga, tahap evaluasi pelaksanaan pembelajaran peserta amaliyah tadris dengan melakukan naqd at-tadris dan evaluasi dari panitia amaliyah tadris beserta guru pembimbing amaliyah tadris dengan mengadakan rapat.(2) Keterampilan mengajar yang diterapkan pada program amaliyah tadris untuk menumbuhkan jiwa dan keterampilan mengajar santri Pondok Pesantren Wali Songo Ngabar diantaranya yaitu: keterampilan membuka dan menutup pembelajaran, keterampilan menjelaskan, keterampilan bertanya, keterampilan memberikan penguatan, keterampilan menggunakan variasi, keterampilan mengelola kelas, keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan dan keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Yufridal Fitri Nursalam |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 17 May 2024 04:32 |
Last Modified: | 17 May 2024 04:32 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27615 |
Actions (login required)
View Item |