Manajemen Sarana Dan Prasarana Dalam Menunjang Kreativitas Siswa Di MAN 2 Ponorogo

Fattahillah, Muhammad Ilham (2024) Manajemen Sarana Dan Prasarana Dalam Menunjang Kreativitas Siswa Di MAN 2 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
206200118_Muhammad Ilham Fattahillah_MPI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Sarana dan prasarana pendidikan saat ini berperan penting untuk menunjang kelancaran proses pendidikan. Meskipun kegiatan belajar mengajar (KBM) sudah baik, namun apabila tidak didukung dengan sarana dan prasarana pendidikan yang menunjang maka hasil yang dicapai tidak akan optimal. Dari hasil pengamatan awal dengan melihat kualitas pendidikan di MAN 2 Ponorogo yang dapat dilihat melalui output lulusan yang diterima di PTN bahkan ada yang diterima di Universitas Luar Negeri dan juga prestasi siswanya. Maka itu ketertarikan ingin mengetahui keunikan dan proses manajemen sarana dan prasarana yang ada di MAN 2 Ponorogo dalam menunjang kreativitas siswanya.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui perencanaan sarana dan prasarana dalam menunjang kreativitas siswa di MAN 2 Ponorogo. 2) Mengetahui pelaksanaan sarana dan prasarana dalam menunjang kreativitas siswa di MAN 2 Ponorogo. 3) Mengetahui pengawasan sarana dan prasarana dalam menunjang kreativitas siswa di MAN 2 Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Informan pada penelitian ini yaitu kepala madrasah, waka sarana prasarana, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sementara analisis data yang digunakan adalah metode Miles, Huberman dan Saldana.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa : 1) Perencanaan sarana dan prasarana dalam menunjang kreativitas di MAN 2 Ponorogo melalui analisis kebutuhan dan skala prioritas. Kemudian setelah itu akan ditentukan pada (RKTM) yang dilakukan dengan rapat bersama Kepala Madrasah dan anggota lainnya. Dan sumber dana untuk sarana prasarana yaitu dari dana pemerintah dan juga melalui uang iuran SPP siswa. 2) Pelaksanaan sarana dan prasarana dalam menunjang kreativitas siswa di MAN 2 Ponorogo dilakukan dengan melakukan pengadaan barang yang sudah diajukan sebelumnya dengan cara membeli baru, membuat atau memperbaiki sarpras yang telah rusak. Dalam pelaksanaannya sarana prasarana sangat penting, karena dengan sarana prasarana siswa bisa mengembangkan bakat dan minat sesuai dengan yang mereka butuhkan. Kemudian strategi yang dilakukan yaitu dengan pendekatan siswa melalui guru maupun guru BK yang mana akan memotivasi dan mengarahkan siswa sesuai bakat dan minatnya. 3) Pengawasan sarana dan prasarana dalam menunjang kreativitas siswa di MAN 2 Ponorogo dilakukan oleh seluruh warga madrasah. Dalam pengawasannya terdapat beberapa tahapan yaitu, pelaporan hasil pengawasan kepada Waka Sarpras, kemudian akan dibuat pelaporan hasil pengawasan untuk tindak lanjut yang akan diambil, dan yang terakhir pelaporan pengawasan kondisi sarpras dalam kurun waktu 6 bulan atau 1 tahun sekali.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Dian Pratiwi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 May 2024 01:18
Last Modified: 16 May 2024 01:18
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27589

Actions (login required)

View Item View Item