Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Persepsi Kualitas Terhadap Keputusan Pembelian Layanan Internet PT. Yasmin Amanah Media (YAMNET) Ponorogo

Widianti, Norsafira Fiska (2024) Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Persepsi Kualitas Terhadap Keputusan Pembelian Layanan Internet PT. Yasmin Amanah Media (YAMNET) Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
NORSAFIRA FISKA WIDIANTI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

PT. Yasmin Amanah Media (YAMNET) merupakan perusahaan jasa yang melayani jasa layanan internet yang berlokasi di Kecamatan Sambit Kabupaten Ponorogo yang berdiri sejak tahun 2015. Dalam melakukan keputusan pembelian dipengaruhi oleh beberapa faktor, faktor kebudayaan, faktor sosial, faktor psikologis mencakup citra merek, persepsi kualitas dan faktor pribadi mencakup harga. Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya perusahaan layanan internet yang menyebabkan konsumen menjadi selektif serta mudah berpindah layanan dalam melakukan keputusan pembelian layanan internet PT. YAMNET yang kurang memperhatikan faktor diatas sehingga perusahaan kurang dapat memaksimalkan dalam mengatur strategi dalam menarik keputusan pembelian.
Tujuan utama dalam penelitian ini adalah guna menguji dan menganalisis pengaruh citra merek, harga dan persepsi kualitas terhadap keputusan pembelian layanan internet pada pelanggan PT. Yasmin Amanah Media Ponorogo secara parsial maupun simultan. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data primer yang bersifat kuantitatif berupa pertanyaan kuesioner berdasarkan indikator variabel yang diteliti, kemudian dibagikan kepada pelanggan layanan internet PT. Yasmin Amanah Media Ponorogo sebanyak 86 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda, menggunakan software SPSS 25 dengan menggunakan Teknik Analisa data dilakukan dengan menggunakan uji validitas reliabilitas selanjutnya uji asumsi klasik sebelum masuk pada analisis regresi linear berganda dan uji ketetapan model.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra merek terbukti berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Harga terbukti berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Persepsi kualitas terbukti berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara simultan, citra merek, harga, dan persepsi kualitas terbukti berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian layanan internet PT. Yasmin Amanah Media Ponorogo. Hasil uji koefisien determinasi diperoleh nilai Adjusted R Square sebesar 0,850 atau 85%. Artinya variabel citra merek, harga dan persepsi kualitas dapat menjelaskan 85% berkontribusi dalam keputusan pembelian. Sedangkan 15% sisanya dijelaskan faktor-faktor lain selain variabel citra merek, harga dan persepsi kualitas.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Candra Febrilyantri
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 May 2024 01:36
Last Modified: 15 May 2024 01:36
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27564

Actions (login required)

View Item View Item