..(FILE KOSONG, UPLOAD ULANG)..trategi Bank Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Pada Produk Pembiayaan KPR iB Muamalat KCP Ponorogo

Wintari, Ro Esta (2024) ..(FILE KOSONG, UPLOAD ULANG)..trategi Bank Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Pada Produk Pembiayaan KPR iB Muamalat KCP Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci: strategi bank, nasabah, KPR
Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh penurunan jumlah nasabah
pada produk pembiayaan KPR iB Muamalat, pada produk ini jumlah nasabahnya
paling rendah dibandingkan dengan produk yang lain. Rumusan masalah dalam
penelitian ini adalah Bagaimana strategi bank dalam meningkatkan jumlah
nasabah pada produk pembiayaan KPR iB Muamalat KCP Ponorogo? Bagaimana
faktor pendukung dan penghambat strategi bank dalam meningkatkan jumlah
nasabah pada produk pembiayaan KPR iB Muamalat KCP Ponorogo? Bagaimana
dampak strategi bank dalam meningkatkan jumlah nasabah pada produk
pembiayaan KPR iB Muamalat KCP Ponorogo?
Dalam penyusunan skripsi ini, penulis menggunakan metode lapangan (field
research) dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan
data yang digunakan peneliti adalah observasi dan wawancara. Lokasi yang
dijadikan objek penelitian ini berada di Bank Muamalat Kantor Cabang Pembantu
Ponorogo yang beralamat di Jl. Urip Sumoharjo No. 55, Krajan, Mangkujayan,
Ponorogo. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang
diperoleh secara langsung dari narasumber, teknik pengecekan keabsahan data
menggunakan teknik triangulasi, peneliti melakukan pengecekan keabsahan data
yang diperoleh dari wawancara menggunakan triangulasi sumber,
Hasil dari penelitian ini adalah strategi bank dalam meningkatkan jumlah
nasabah pada produk pembiayaan KPR iB Muamalat yaitu dengan strategi
pelayanan prima yang terdiri dari 6 konsep yaitu ability/kemampuan,
attitude/sikap, appearance/penampilan, attention/perhatian, action/tindakan,
accountability/pertanggungjawaban. Bank Muamalat KCP Ponorogo harus
memiliki pengetahuan produk yang mumpuni, dalam melayani nasabah harus
dengan jelas intonasinya, memperlakukan nasabah dengan sikap ramah dan sopan,
menggunakan SOP penampilan yang ditentukan secara fisik dan non fisik,
memberikan perhatian yang lebih kepada nasabah, dalam melayani nasabah harus
sigap, cepat, tanggap, dan hangat, menangani keluhan nasabah dengan cepat
apabila keluhannya berat maka akan ditangani dalam waktu 14 hari kerja. Adapun
faktor pendukung dalam meningkatkan jumlah nasabah yaitu kualitas produk,
kualitas pelayanan, dan emosional. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu tidak
mudah merayu nasabah, penolakan sering terjadi, keluhan tentang persyaratan,
dan persaingan dengan bank lain. Strategi bank tersebut memiliki dampak positif
dalam meningkatkan jumlah nasabah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Khoirun Nisak, M,SEI.
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 13 May 2024 02:03
Last Modified: 13 May 2024 02:03
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27514

Actions (login required)

View Item View Item