ANALISIS RAGAM PENETAPAN HAKIM TERHADAP PERMOHONAN DISPENSASI NIKAH DI PENGADILAN AGAMA KABUPATEN MADIUN PERSPEKTIF MASLAHAH

Salamah, Umi (2024) ANALISIS RAGAM PENETAPAN HAKIM TERHADAP PERMOHONAN DISPENSASI NIKAH DI PENGADILAN AGAMA KABUPATEN MADIUN PERSPEKTIF MASLAHAH. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
UPLOAD ETHESES UMI SALAMAH.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Salamah, Umi, 2024. Analisis Ragam Penetapan Hakim Terhadap Permohonan Dispensasi Nikah di Pengadilan Agama Kabupaten Madiun Perspektif Maslahah, Skripsi Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Wahyu Saputra, M.H.Li.
Kata Kunci/Keyword: Dispensasi Nikah, Maslahah, Penemuan Hukum
Dalam sebuah perkawinan ada beberapa syarat yang harus dipenuhi khususnya mengenai batasan usia perkawinan, Pada zaman saat ini pengaruh pergeseran sosial kebiasaan pacaran di masyarakat semakin terbuka dan dianggap sebagai hal yang umum, sehingga dari hal tersebut timbul banyaknya kasus hamil di luar kawin, seperti contoh putusan hakim di Pengadilan Agama Kabupaten Madiun tentang dispensasi nikah dalam keadaan mendesak maupun yang tidak mendesak dengan usia masih di bawah umur.
Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Metodologi Hakim dalam Mengabulkan dan Menolak Permohonan Dispensasi Nikah di Pengadilan Agama Kabupaten Madiun Perspektif Mas}laha}h? Bagaimana Pertimbangan Hukum Hakim dalam Mengabulkan dan Menolak Permohonan Dispensasi Nikah di Pengadilan Agama Kabupaten Madiun Perspektif Mas}laha}h?
Adapun skripsi ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan (library research) dengan bahan hukum primer berupa Penetapan beberapa putusan dari Pengadilan Agama Kabupaten Madiun, Sedangkan teknik pengumpulan data dengan mengumpulan data literer yaitu pengumpulan bahan-bahan Pustaka yang kemudian dianalisis secara kualitatif. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Dari penelitian yang dilakukan pada proses skripsi ini dapat disimpulkan bahwa metode yang digunakan hakim dalam mengabulkan dan menolak permohonan dispensasi nikah ini menggunakan beberapa pasal dalam peraturan Perundang-undangan, Peraturan Mahkamah Agung dan kaidah fiqh. Dalam putusan 145/pdt.p/2023/pa.kab.mn dan Nomor 130/pdt.p/2023/pa.kab.mn hakim menggunakan metode penafsiran sitematis, argumentasi hukum dan dalam perkara Nomor 133/pdt.p/2023/pa.kab.mn, dan Nomor 59/pdt.p/2023/pa.kab,mn hakim menggunakan kaidah-kaidah fiqh maslahah, Sedangkan Pertimbangan hakim dalam menetapkan putusan Nomor 145/Pdt.p/2023/P.a.Kab.Mn dan Nomor 130/Pdt.p/2023/P.a.Kab.Mn sesuai Peraturan Mahkamah Agung tentang pedoman mengadili dispensasi nikah, bahwa pemohon yang mengajukan permohonan tersebut adalah orang yang tidak memiliki hak (legal standing) untuk mengajukan permohonan, maka dalam putusannya hakim tidak menerima permohonan dispensasi nikah tersebut. Kemudian, pertimbangan hakim dalam menetapkan Nomor 133/Pdt.p/2023/P.a.Kab.Mn, dan Nomor 59/Pdt.p/2023/P.a.Kab.Mn sesuai dengan perspektif maslahah demi menghindari kerusakan yang harus didahulukan maka dalam putusannya hakim memberikan dispensasi terhadap calon mempelai untuk menikah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Wahyu Saputra
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 13 May 2024 01:55
Last Modified: 13 May 2024 01:55
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27508

Actions (login required)

View Item View Item