..(FILE KOSONG, SILAKAN UPLOAD ULANG)..Tinjauan Fikih Persaingan Usaha Terhadap Praktik Persaingan Usaha di Platform Shopee

Munawaroh, Diyan (2024) ..(FILE KOSONG, SILAKAN UPLOAD ULANG)..Tinjauan Fikih Persaingan Usaha Terhadap Praktik Persaingan Usaha di Platform Shopee. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

Full text not available from this repository.

Abstract

Diyan Munawaroh 2024. Tinjauan Fikih Persaingan Usaha terhadap Praktik
Persaingan Usaha di Platform Shopee. Skripsi Jurusan Hukum Ekonomi
Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing:
Anjar Kususiyanah, M.Hum.
Kata Kunci/Keywords: Fikih Persaingan Usaha, Praktik Persaingan Usaha,
Platform Shopee.
Persaingan usaha di shopee menjadi suatu tantangan besar bagi para
penggunanya dalam bertransaksi secara digital. kompleksitas informasi dalam
syarat dan ketentuan shopee, perubahan kebijakan platform, serta ketidakpatuhan
pelaku usaha muncul sebagai permasalahan yang perlu diatasi. Beragam model
praktik persaingan usaha yang tersedia di shopee berpotensi menimbulkan
persaingan yang ketat dan tidak sehat, sehingga perlu ditelaah lebih lanjut.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana syarat dan
ketentuan jual beli di platform shopee dalam perspektif fikih persaingan usaha?
Bagaimana model praktik persaingan usaha di platform shopee dalam perspektif
fikih persaingan usaha?
Adapun skripsi ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan
normatif dan empiris. Sedangkan teknik pengumpulan data dengan menggunakan
observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Penelitian ini menarik kesimpulan bahwa syarat dan ketentuan jual beli
di shopee secara umum telah selaras dengan prinsip-prinsip fikih persaingan
usaha. Secara khusus meliputi aspek transparansi, keadilan, keseimbangan, dan
kebebasan dalam kebijakan penggunaan aplikasi shopee. Selain itu, syarat dan
ketentuan pada model persaingan usaha live streaming di shopee live dan flash
sale Toko Saya telah selaras dengan prinsip transparansi dalam konteks fikih
persaingan usaha dan termasuk persaingan usaha yang diperbolehkan (al￾munāfasah at-tijariyyah al-masyrū’ah). Di samping itu, model praktik persaingan
usaha live streaming di shoppe live dan promo flash sale Toko Saya di platform
shopee sebenarnya sah-sah saja, namun faktanya beberapa penjual pada produk
fashion wanita menjanjikan diskon dan gratis ongkir secara bersyarat saat live
streaming, penerapan besaran promo yang tinggi, serta menjual harga yang rendah
secara berkelanjutan pada promo flash sale Toko Saya dapat dikatakan belum
sesuai dengan hukum persaingan usaha yang diperbolehkan yaitu tidak merugikan
pihak lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Anjar Kususiyanah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 13 May 2024 01:06
Last Modified: 13 May 2024 01:06
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27479

Actions (login required)

View Item View Item