Pengaruh Pembiayaan Mudharabah Dan Murabahah Terhadap Return On Asset Dengan Non Performing Financing Sebagai Variabel Intervening Pada BMT Hasanah Ponorogo

Febriana, Indri (2024) Pengaruh Pembiayaan Mudharabah Dan Murabahah Terhadap Return On Asset Dengan Non Performing Financing Sebagai Variabel Intervening Pada BMT Hasanah Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
401200224 INDRI FEBRIANA EKONOMI SYARIAH.pdf

Download (2MB)

Abstract

Febriana, Indri. Pengaruh Pembiayaan Mudharabah dan Murabahah Terhadap Return On Asset melalui Non Performing sebagai variabel intervening Studi Kasus Pada BMT Hasanah Ponorogo. Skripsi. 2024. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Husna Ni’matul Ulya, M.E.Sy. Kata Kunci: Mudharabah, Murabahah, Return On Asset Pembiayaan merujuk pada pengaliran dana kepada pihak (nasabah) yang memerlukannya. Ini adalah bentuk penyediaan uang oleh bank dalam perjanjian dengan pihak lain, di mana pihak yang menerima pembiayaan diharapkan mengembalikan dana tersebut sesuai dengan jangka waktu yang telah disepakati, dengan imbalan atau keuntungan yang telah ditentukan. Menurut teori, perbankan dapat mencapai profitabilitas dengan menyalurkan pembiayaan yang tinggi pula. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pembiayaan Mudharabah dan Murabahah Terhadap Return On Asset (ROA) melalui Intervening Non Performing Financing (NPF) Studi Kasus Pada BMT Hasanah Ponorogo periode tahun 2019-2023. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah laporan keuangan BMT Hasanah Ponorogo Tahun 2019-2023. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling sampling yaitu menggunakan sampel secara keseluruhan dengan pertimbangan tertentu. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data dengan menggunakan data laporan keuangan yang diperoleh dari BMT Hasanah Ponorogo dan studi pustaka dengan analisis data menggunakan SMARTPLS 4. Metode statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembiayaan mudharabah berpengaruh positif dan signifikan terhadap Non Performing Financing. Pembiayaan mudharabah berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Return On Asset. Pembiayaan murabahah berpengaruh positif dan signifikan terhadap Non Performing Financing. Pembiayaaan murabahah berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Return On Asset. Nom Performing Financing berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Return On Asset. Non Performing Financing berhasil memediasi pembiayaan mudharabah terhadap Return On Asset. Non Performing Financing berhasil memediasi pembiayaan murabahah terhadap Return On Asset.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: HUSNA NI'MATUL ULYA
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 May 2024 08:22
Last Modified: 08 May 2024 08:22
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27478

Actions (login required)

View Item View Item