..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG)..Childfree dalam Perspektif Mas}lah}ah ‘A>mmah

Maisyaroh, Ika Siti (2024) ..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG)..Childfree dalam Perspektif Mas}lah}ah ‘A>mmah. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
Upload Ethesis-Ika Siti M.pdf

Download (5MB)

Abstract

Memiliki anak merupakan hikmah dari perkawinan. Anak dapat menjaga keutuhan keluarga, ia merupakan tanda kesuburan dan keberhasilan orang tuanya. Tidak hanya bagi orang tua, keberadaan anak merupakan pondasi sebuah bangsa. Namun dewasa ini, muncul anggapan bahwa anak adalah beban ekonomi dan psikologi bagi orang tua, sehingga sebagian pasangan memilih untuk tidak memiliki anak (childfree). Namun demikian fakta bahwa anak dibutuhkan sebagai generasi penerus bangsa tidak dapat dipungkiri hal tersebut merupakan kebutuhan daru>ri>yah di bidang h}ifz} al-nasl.
Penelitian ini berusaha memaparkan bagaimana gambaran umum childfree dan alasan yang menyebabkan childfree serta bagaimana analisis mas}lah}ah ‘a>mmah terhadap alasan yang menyebabkan childfree.
Penelitian ini merupakan penelitian library research. Adapun Teknik analisisnya menggunakan content analysis.
Temuan yang diperoleh ialah childfree di Indonesia masih terbilang baru dan minoritas, namun sudah ada forum dan akun sosial media yang mengkampanyekan childfree. Alasan childfree di antaranya pertama, faktor ekonomi seperti khawatir tidak mampu untuk membiayai anak, dan menganggu kestabilan ekonomi. Kedua, faktor psikologi meliputi idealisme dan masalah kesehatan mental atau trauma di masa lalu. Ketiga, faktor lingkungan hidup terdiri dari kekhawatiran akibat overpopulasi dan emisi karbon dioksida. Berdasarkan analisis mas}lah}ah ‘a>mmah dapat dipahami childfree dapat menggangu kepentingan bangsa, karena memicu turunnya kelahiran anak yang merupakan generasi penerus tonggak dan harapan bangsa. Namun demikian childfree dapat dilakukan dengan sebab keadaan d}aru>ra>h.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Abdul Mun'im
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 May 2024 06:00
Last Modified: 08 May 2024 06:00
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27476

Actions (login required)

View Item View Item